Karir

Tips Mencari dan Memilih Desainer atau Arsitek Professional

Arsitek Professional

Arsitek Professional tentu banyak dicari orang atau klien. Lalu bagaimana cara untuk mencari dan memilih arsitek yang benar-benar professional dan berpengalaman di bidangnya?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemukan arsitek andalan dalam membangun proyek, misalnya dengan menanyakan kepada kerabat, mencari tahu melalui internet, dan lain sebagainya.

Memilih arsitek memang bukan pekerjaan mudah. Kesalahan atau kelalaian yang dilakukan arsitek bisa berakibat fatal pada proyek yang sedang dikerjakan. Lebih jauh lagi akan menimbulkan kerugian yang amat besar.

Hal itu tentu perlu dihindari oleh semua klien, apalagi jika proyeknya bukan main-main atau proyek besar. Tips untuk memilih arsitek professional akan dijelaskan lebih detail pada pembahasan di bawah ini.

Mencari dan Memilih Desainer atau Arsitek Professional

Arsitek Professional
Mencari Arsitek Yang Profesional

Mencari dan memilih desainer atau arsitek memang gampang-gampang susah, apalagi saat ini sudah banyak pilihannya.

Tetapi tidak perlu khawatir, yang harus dilakukan adalah rileks dan mencoba berpikir logis. Cari tahu kebutuhan proyek yang akan dikerjakan lalu pilihlah arsitek yang berpengalaman dalam hal itu.

Untuk membantu pencarian Anda, di bawah ini terdapat 8 tips untuk mencari dan memilih desainer atau arsitek profesional, antara lain:

1. Cari Tahu Reputasi Arsitek

Seorang arsitek yang sudah berpengalaman tentu memiliki reputasi di masyarakat. Saat mencari arsitek professional, pastikan untuk mencari tahu reputasi arsitek tersebut apakah baik atau buruk.

Proses mencari tahu ini bisa dilakukan di mana saja, bisa melalui internet, menanyakan kepada kerabat atau orang yang berkecimpung di bidang yang sama dan lain sebagainya.

2. Lihat Portfolio Desain atau Proyek yang Pernah Dikerjakan

Arsitek Professional
Lihatlah Proyek yang Pernah Iya Jalankan

Nah, untuk mengetahui seberapa berpengalaman seorang arsitek, bisa dilihat dari portfolio desain atau proyek-proyek yang pernah dikerjakan. Bisa dilihat juga jenis proyeknya apakah sesuai dengan proyek yang akan dikerjakan nantinya.

Biasanya arsitek professional memiliki area masing-masing berdasarkan proyek yang dikerjakan, misalnya arsitek retail, arsitek rumah, arsitek mall dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kiat Sukses Merancang Booth Pameran

Mereka tidak akan melintasi area, tetapi tetap membangun proyek yang serupa untuk memperdalam ilmu dan skill dalam bidang area tersebut. Jadi, sebagai calon klien harus diperhatikan juga mengenai kecocokan jenis proyek yang akan dikerjakan dengan portfolio desain seorang arsitek.

3. Cari Tahu Testimoni atau Komentar Klien Sebelumnya

Arsitek Professional
Cari Tau Testimoni Tentang Arsitek yang Ingin Anda Garap

Setelah mengetahui reputasi dan karya atau portfolio desain yang pernah dikerjakan seorang arsitek, cari tahu juga soal komentar atau testimoni dari klien-klien sebelumnya. Dengan kata lain, jika komentar klien baik dan puas dengan pekerjaan arsitek artinya reputasinya juga baik.

Untuk mengetahui hal ini bisa dicek melalui media sosial sang arsitek atau dari website. Beberapa arsitek professional sudah memiliki website untuk mendukung bisnisnya. Ada juga arsitek yang merangkap bisnisnya sekaligus sebagai kontraktor proyek.

4. Libatkan Kontraktor Proyek

Hal ini bisa lakukan jika dalam proyek tersebut arsitek dan kontraktornya berbeda, bukan satu perusahaan atau bukan rekanan. Untuk memilih arsitek, bisa dengan melibatkan kontraktor yang akan mengerjakan proyek tersebut. Kontraktor pasti memiliki relasi atau rekana seorang arsitek yang bisa dijadikan sebagai opsi pilihan Anda.

Dalam pembangunan proyek, nantinya arsitek dan kontraktor pun harus memiliki chemistry agar proyek yang dikerjakan bisa berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan. Jadi, sangat penting memilih arsitek yang tepat untuk proyek dan juga tepat untuk kontraktor.

5. Jangan Terpaku dengan Satu Arsitek

Untuk mendapatkan arsitek professional yang tepat untuk proyek Anda, cobalah untuk berinteraksi dengan beberapa arsitek dan jangan terpaku dengan satu arsitek. Arsitek yang tepat adalah yang mampu memahami keinginan klien dan mampu menginterpretasikannya ke dalam bentuk desain yang sesuai.

Dengan berkomunikasi dengan beberapa arsitek, Anda akan membandingkan kiranya arsitek mana yang paling cocok dan sesuai dengan keinginan Anda. Selain dari segi desain dan ide-idenya, pilihlah arsitek yang mampu berkomunikasi dengan baik selama proses desain dan pembangunan proyek. Komunikasi yang baik antar klien, arsitek dan juga kontraktor sangat penting untuk kesuksesan proyek.

6. Pahami Sistem Kontrak dan Pembayaran Secara Detail

Menggunakan jasa arsitek atau kontraktor merupakan keputusan yang sangat besar dan perlu dipertimbangkan baik-baik. Jangan sampai salah memilih arsitek karena akan berakibat fatal pada proyek yang sedang dikerjakan. Jangan sampai mendapat kerugian yang besar karena kesalahan memilih arsitek.

Baca Juga : Tips Memilih Material Untuk Rancangan Booth Pameran

Untuk itu, klien harus memahami betul bagaimana sistem kontrak dan pembayaran jasa arsitek tersebut. Kontrak harus benar-benar dibuat dan disepakati oleh keduanya serta tidak memberatkan salah satu pihak.

Kemudian tanyakan secara detail mengenai sistem dan jumlah pembayarannya. Tidak sedikit beberapa klien yang merasa ditipu oleh jasa arsitek karena biaya desain membengkak di akhir. Oleh karena itu, tanyakan secara detail untuk mendapat kesepakatan yang adil.

Selain sistem kontak dan pembayaran, berikut ini hal mendasar yang perlu ditanyakan kepada arsitek professional, antara lain:

  • Apakah arsitek pernah mengerjakan proyek serupa, bila sudah mintalah ditunjukkan hasil karya sebelumnya
  • Tanyakan proses desainnya, tahapan apa saja yang dikerjakan dan berapa lama prosesnya
  • Permasalahan apa yang mungkin timbul dari konsep desain yang dikerjakan dan bagaimana solusinya

7. Jangan Tergiur Harga Murah

Klien yang belum berpengalaman bekerja sama dengan arsitek, desainer ataupun kontraktor umumnya belum mengetahui kisaran harga untuk sebuah proyek. Beberapa akan mudah tergiur saat melihat atau mendapat tawaran harga desain yang murah.

Sebelum memutuskan menggunakan jasa arsitek yang murah, pastikan dulu reputasinya, hasil karyanya, dan apa saja yang didapatkan dengan harga murah tersebut.

Bisa jadi harga murah tersebut hanya permainan marketing untuk mengundang klien, setelah deal proyek ternyata biayanya membengkak sehingga klien merasa dirugikan.

Sebagai klien yang cerdas, Anda perlu benar-benar menanyakan harga dan apa saja yang didapatkan dengan harga tersebut. Selain itu, cari tahu mengenai perkiraan harga jasa arsitek di kota Anda karena tidak semuanya sama.

8. Jangan Terburu-buru Deal Proyek

Arsitek Professional
Jangan Mudah Deal dengan Arsitek yang Anda Temui

Jika sudah menemukan arsitek professional yang dirasa paling cocok dan paling bisa membantu mewujudkan proyek yang akan dikerjakan, jangan terburu-buru deal proyek. Semua yang dikerjakan terburu-buru tentu hasilnya tidak akan baik.

Cobalah untuk cek ulang alasan kenapa menjatuhkan pilihan kepada si arsitek, apa yang membuatnya lebih baik daripada arsitek lain yang didatangi, dan lain sebagainya.

Hal ini bisa jadi tolak ukur atau acuan untuk keputusan akhir penentuan jasa arsitek. Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan si arsitek yang hendak dipilih, klien akan semakin mantap dalam menentukan pilihan dan kemungkinan akan kecewa hampir tidak ada.

Selanjutnya, dalam pembangunan proyek, jaga komunikasi yang baik dan bersinergi dengan arsitek dan kontraktor. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga proses pembangunan berjalan lancar dan berakhir sukses. Itulah 8 tips mencari dan memilih desainer atau arsitek professional untuk sebuah proyek.

Kesimpulannya, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, carilah informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Dengan begitu, akan bisa menentukan arsitek yang sesuai dengan proyek yang akan dikerjakan. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top