kreativitas

10 Tips Backpacker Hemat ke Luar Negeri

Backpacker hemat

Backpacker hemat saat ini sedang tren terutama di kalangan anak muda. Banyak sekali kaum milenial yang berhasil jalan-jalan ke luar negeri tanpa harus bayar mahal.

Bahkan beberapa sudah keliling ke banyak negara dengan modal sedikit. Bagaimana sih caranya untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri tanpa modal yang besar? Kok bisa sih mereka bolak balik luar negeri padahal bukan orang kaya?

Jangan salah, ke luar negeri tidak semahal yang diperkirakan kok, yang mahal itu gaya hidupnya, oleh-olehnya dan hal-hal lain. Sebenarnya, harga tiket ke luar negeri tidak mahal, hanya perlu tahu saja kapan waktu yang tepat untuk membeli tiket tersebut.

Backpacker hemat bisa dilakukan jika dipikirkan dengan cermat.

Backpacker Hemat ke Luar Negeri

Untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan modal minimal, semua hal harus dipersiapkan dengan cermat. Berikut ini 10 tips backpacker hemat ke luar negeri yang perlu diketahui oleh sahabat traveler, diantaranya

1. Buat Planning Tujuan Wisata

Backpacker hemat
Buat Planning Agar Anda Tidak Bingung Ketika Sudah Jalan

Hal ini wajib dilakukan bagi siapa pun yang hendak berlibur atau jalan-jalan khususnya ke luar negeri, bukan hanya bagi backpacker hemat.

Perencanaan liburan yang matang akan menghemat biaya karena sudah ada list aktivitas yang perlu dilakukan dan tempat mana yang ingin dikunjungi. Jadi kegiatannya lebih efektif dan terarah daripada tidak ada rencana sama sekali.

Hal-hal yang perlu direncanakan antara lain sebagai berikut:

  • Tujuan wisata, tempat yang ingin dikunjungi
  • Tujuan kuliner, makanan yang ingin dicicipi
  • Anggaran biaya, perkiraan budget (transportasi, akomodasi, makan, bagasi, dll.)

2. Cari Tiket Pesawat Diskon

Cari tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan untuk mendapatkan tiket yang murah dan available. Belilah tiket untuk pulang pergi agar saat di luar negeri tidak perlu repot membeli tiket. Mencari tiket jauh-jauh hari juga merupakan kesempatan untuk mencari diskon yang murah.

Banyak sekali tawaran diskon dari platform travel yang saat ini menjamur. Diskon yang ditawarkan pun tak tanggung-tanggung bahkan bisa mencapai setengah harga.

Ada juga yang menawarkan tiket pasca bayar, jadi bisa puas jalan-jalan meski sedang bokek. Diskon tiket pesawat sendiri biasanya musiman atau hanya di beberapa waktu saja, misalnya saat hari kemerdekaan dan lain sebagainya.

Usahakan membeli tiket pesawat langsung pulang pergi agar hemat dan tidak perlu repot-repot beli tiket lagi saat di luar negeri.

3. Beli Tiket Pesawat Connecting Flight

Backpacker hemat
Beli Tiket Diskon dan Pesawat yang Connecting Flight

Saat menentukan pilihan tiket pesawat, usahakan beli yang connecting flight sehingga tidak perlu pusing pindah maskapai. Hal ini bisa dilakukan jika tujuan traveler cukup jauh dan ada transit.

Jika memang terpaksa beda pesawat, carilah yang jarak terbangnya di atas 4 jam untuk antisipasi kemungkinan delay. Karena jika pesawat yang ditumpangi delay dan jarak dengan pesawat selanjutnya terlalu dekat, bisa jadi tidak sempat waktunya dan malah membeli tiket lagi, keluar uang lagi.

4. Pesan Bagasi Secara Online, Jangan On The Spot

Perlu dipahami bahwa semua yang dipesan on the spot biasanya akan jauh lebih mahal daripada dipesan sebelumnya. Begitu juga dengan tiket pesawat dan bagasi, kebutuhan bagasi perlu dipertimbangkan dengan baik.

Baca Juga : Tips Mencari Arsitek Profesional

Biasanya traveler yang suka backpacker hemat tidak perlu membeli bagasi tambahan karena tujuan utama adalah berkunjung atau keliling ke negara-negara impian, bukan berburu oleh-oleh.

Jika memang harus menambah bagasi, bisa dipesan terlebih dahulu secara online. Sehingga harganya bisa lebih murah. Hal ini juga berlaku untuk pesanan makan di pesawat.

5. Booking Penginapan Sebelum Keberangkatan

Sama seperti tiket pesawat dan bagasi, akomodasi saat di luar negeri juga lebih baik dipersiapkan dari rumah sebelum keberangkatan.

Pesan hotel atau penginapan bisa dilakukan secara online, banyak penyedia akomodasi untuk turis dan sudah ada websitenya, lengkap dengan keterangan harga dan fotonya.

Akan sulit dan melelahkan jika harus mencari hotel atau penginapan sesaat setelah tiba di negara tujuan, belum lagi jika hotelnya penuh, harus pindah-pindah tempat dengan membawa koper dan lain sebagainya. Biaya transportasi pindah-pindah hotel juga harus diperhitungkan, rugi banyak juga. 

6. Tukar Uang Asing di Dalam Negeri

Nah, untuk yang suka backpacker hemat jangan lupa menukar uang asing di dalam negeri, karena tukar uang di luar negeri pasti lebih mahal.

Apalagi jika harus tarik tunai di ATM, biaya potongannya cukup mahal dan sayang sekali karena bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya.

7. Bawa Bekal Makanan Instan yang Bikin Kenyang

Backpacker hemat
Bekal dapat Mengurangi Banyak Pengeluaran Kamu

Orang Indonesia yang jalan-jalan ke luar negeri biasanya tidak akan lupa membawa popmie atau indomie. Yap, ini dimaksudkan untuk menghemat biaya makan atau camilan, daripada membeli jajan di luar negeri yang harganya mahal.

Lebih baik sedia makanan yang mengenyangkan sejak awal. Makanan yang lumrah dibawa misalnya seperti mie instan,

8. Tidak Perlu Masuk Tempat Wisata Mahal

Untuk menyukseskan rencana backpacker hemat cobalah untuk tidak memasuki tempat wisata heritage, karena biasanya tiket masuknya super mahal. Apalagi untuk turis asing, bisa dua kali lipat lebih mahal daripada wisatawan lokal.

Alih-alih memasuki wisata tersebut, lebih baik jalan-jalan saja di depan atau di sekitarnya, sambil mengambil foto atau selfie. Yang penting sudah sampai dan jalan-jalan ke sana, tidak masuk ke dalam juga tidak apa-apa.

9. Tidak Perlu Beli Oleh-oleh Berlebihan

Jalan-jalan atau liburan tentu tidak lepas dari yang namanya oleh-oleh, tetapi jika ingin backpacker hemat lebih baik hapus rencana oleh-oleh dari list.

Oleh-oleh memang sudah terbiasa menjadi kewajiban bagi orang-orang yang sedang berlibur, apalagi ke luar negeri. Tetapi perlu diperhatikan lagi bahwa oleh-oleh sebenarnya tidak terlalu penting dari segi fungsi.

Baca Juga : Sukses Membuat Booth Pameran

Misalnya gantungan kunci, oleh-oleh yang satu ini sepertinya wajib dibeli saat liburan, padahal jika tidak dibeli juga tidak apa-apa. Jika memang harus membeli oleh-oleh atau kenangan dari luar negeri, cobalah untuk fokus kepada barang yang akan berguna ke depannya.

Selain menghabiskan uang, oleh-oleh juga akan memenuhi koper dan jika terlalu banyak harus menambah koper dan keluar uang lagi untuk itu. Rencana backpacker hemat bisa gagal hanya karena kebanyakan membeli oleh-oleh.

10. Makan yang Kenyang Sebelum Berangkat

Backpacker hemat
Jangan Lupa Makan yaa!

Tips yang satu ini tidak bisa disepelekan, apalagi buat traveler yang super hemat. Harga makanan di pesawat atau di bandara yang super mahal bahkan bisa dua hingga tiga kali lipat, menjadikan kita perlu mengenyangkan perut terlebih dahulu dengan makan sebelum naik pesawat.

Lumayan bisa menghemat rupiah meski hanya sedikit. Itu dia 10 tips jalan-jalan ke luar negeri dengan cara backpacker untuk menghemat biaya sehingga bisa lebih banyak menjangkau negara lainnya.

Manfaatkan diskon pesawat, akomodasi dan lain sebagainya. Selain itu, fokus saja pada rencana jalan-jalan atau keliling dunia, bukan rencana belanja oleh-oleh. Selamat berlibur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top