Kuliah Bayar Sendiri? Ini Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Bagi setiap mahasiswa, kebutuhan kuliah memang bisa sangat menguras tabungan dan uang saku. Apalagi bagi mahasiswa yang memiliki kondisi ekonomi keluarga yang kurang baik. Sebagai solusinya, mahasiswa bisa melakukan bisnis kreatif yang bisa mereka lakukan di sela waktu kuliah. Lalu, apa saja contoh bisnis kreatif mahasiswa?

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Berikut beberapa contoh bisnis kreatif terbaru 2020 yang bisa dilakukan oleh mahasiswa :

1. Bisnis Jasa Penulis Artikel

Siapa bilang bisnis jasa penulis artikel ini tidak trend di tahun 2020? Bisnis ini senantiasa akan berkembang dan ngetrend karena segala informasi yang akan diterima oleh masyarakat harus up to date dan harus senantiasa diperbarui. Apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, hampir segala kebutuhan masyarakat sudah bergantung dengan internet.

Mulai dari sekedar mencari informasi terbaru, mencari ilmu tentang sains, hingga memesan makanan sudah biasa masyarakat lakukan dengan fasilitas internet. Lantas, apa keuntungan bisnis jasa penulis artikel sendiri? Bagi mahasiswa yang tugasnya juga cukup banyak, maka ada baiknya dalam memilih pekerjaan janganlah yang terlalu berat. Nah, menulis artikel merupakan pekerjaan yang mudah dan tidak banyak berisiko.

Pekerjaan ini bermodal dengan kemampuan kita dalam menulis, jaringan internet untuk mencari informasi dari berbagai sumber, dan laptop ataupun komputer. Pekerjaan ini juga tidak menuntut mahasiswa untuk datang ke suatu tempat atau kantor untuk bekerja, bebas dikerjakan di mana saja. Jadi, pekerjaan jasa penulis artikel ini tidak begitu banyak menyita energi, fisik, dan waktu kita sebagai mahasiswa ya.

2. Bisnis Jasa Desain Grafis

Butuh jasa buat bikin desain pamflet atau banner untuk acara organisasi? Tentu, di kampus-kampus pasti sangat banyak membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan desain grafis semacam ini. Organisasi-organisasi atau UKM yang ada di kampus senantiasa mempunyai program kerja untuk menciptakan sebuah event, di mana setiap event tersebut, masing-masing organisasi atau UKM menyebarkan informasi tentang event tersebut melalui sosial media berupa pamflet.

Nah, disinilah peran seorang desain grafis sangat diperlukan. Meskipun pekerjaan ini tidak membutuhkan modal besar, cukup dengan seperangkat komputer atau laptop beserta aplikasi untuk membuat desain maupun gambar yang diperlukan, pekerjaan satu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang ya.

Pekerjaan ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang punya keterampilan khusus dalam editing dan menggambar dengan ketelitian yang tinggi. Kemampuan kreativitas mahasiswa dalam pekerjaan ini juga sangat diperlukan. Bagaimana seseorang mampu menuangkan idenya ditantang di pekerjaan ini.

Tapi, bagi kalian mungkin yang bergelut di jurusan desain grafis, selain untuk menambah uang saku, pekerjaan ini juga bisa digunakan sebagai ajang untuk lebih mengasah dan meningkatkan kemampuan.

3. Fotografer dan Videografer

Nah, bagi kalian yang kuliah di jurusan ilmu komunikasi, pekerjaan ini tepat sekali untuk dicoba. Semakin mendalami bakat dan kemampuan yang ada. Sebagai seorang mahasiswa yang mempunyai kemampuan dan bakat dalam fotografi maupun videografi, pekerjaan ini akan cukup menambah uang untuk membayar kuliah atau hanya sekedar menambah uang jajan.

Pekerjaan sebagai fotografer atau videografer ini tidak hanya bisa bekerja di lingkungan kampus saja. Mahasiswa bisa aktif keluar untuk bekerja. Bisa dengan terjun ke masyarakat untuk menawarkan sebagai dokumenter di sebuah acara pernikahan, konser, atau event lainnya.  Untuk fee atau ongkos dari pekerjaan ini juga cukup menggiurkan loh. Bermodal kamera, laptop atau komputer, aplikasi editor foto dan video, serta kemampuan kita dalam mengedit dan merangkainya, sudah bisa menghasilkan banyak uang.

4. Penjual Makanan Kreatif

Mahasiswa pasti banyak butuh makanan yang serba instan nih. Makanan yang diincar oleh kebanyakan mahasiswa adalah makanan yang siap untuk dihidangkan. Nah, dari fenomena inilah mahasiswa juga bisa mengembangkan ide bisnis makanan yang kreatif. Ide makanan yang masih trend, namun sesuai dengan ukuran kantong mahasiswa atau merakyat.

Bisnis makanan kreatif ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan mahasiswa menjual snack ringan stik tempe. Cara membuatnya sangat mudah, dengan berbahan dasar tempe, kemudian sedikit bumbu untuk menambah rasa gurih, dan tepung panir untuk melumuri tempe sebelum digoreng. Snack ringan ini bisa dijual dengan harga yang terjangkau dan cocok untuk kantong-kantong mahasiswa. Perlu diketahui, steak tempe ini merupakan salah satu makanan snack ringan yang terbaru ya.

5. Makeup Artist (MUA)

Mahasiswi-mahasiswi yang suka make up, cocok sekali untuk mengaplikasikan hobinya ke dalam pekerjaan. Dengan berbekal seperangkat alat make up yang sudah dimiliki, bisnis make up artist ini bisa dijalankan. Di tahun 2020 ini, pekerjaan make up artist ini sudah jauh lebih dibutuhkan daripada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena masyarakat di era sekarang memiliki kecenderungan untuk tampil lebih modis lebih tinggi.

Pekerjaan ini juga menawarkan fee atau ongkos yang cukup membuat dompet mahasiswa tebal kembali. Bagi mahasiswa jurusan tata kecantikan, pekerjaan ini bisa digunakan untuk mengasah kemampuan make up juga ya! Menambah keseruan dan lumayan untuk mengisi waktu luang setelah kuliah. 

6. Menjual Paket Kelulusan

Bingung cari kado untuk teman, sahabat, atau pacar dalam acara kelulusannya? Nah, fenomena yang seperti ini perlu dijadikan peluang untuk mahasiswa berbisnis. Bermodal ide kreatif dan sejumlah uang untuk mencoba membuat paket kelulusan yang kreatif dan kemungkinan banyak menarik daya tarik pembeli.

Misalnya, mahasiswa bisa menjual paket kelulusan yang berisi foto silhouette orang yang akan diberi hadiah, rangkaian bunga flanel, mug dengan desain foto, dan tulisan yang berisi harapan atau quote, atau bisa juga paket pastel jajan. Tidak butuh modal banyak, bisnis ini sudah pasti laku karena memberi hadiah kelulusan sudah merupakan tradisi mahasiswa saat ini. Jadi, jangan takut mencoba hanya karena takut gagal ya!

7. Bisnis Online Shop

Ini dia bisnis yang sudah disinggung di awal pembuka, bisnis yang hanya membutuhkan smartphone dan jaringan internet saja dan bisa dilakukan dengan rebahan di kost seusai kuliah selesai. Dalam bisnis ini, mahasiswa bisa mengambil dua peran, bisa menjadi owner dari bisnis online itu sendiri atau bisa juga menjadi reseller.

Untuk menjalankan bisnis online shop ini, selain harus menyiapkan modal, mahasiswa juga harus memiliki ‘pasar’ atau jaringan yang luas di sosial media. Hal ini agar produk yang kita tawarkan kemampuan untuk laku lebih besar.

Misalnya, mahasiswa menjual kerudung melalui situs online shop, mahasiswa tersebut harus mencari koneksi dan meng-share tentang produk yang dijualnya secara luas. Dalam bisnis ini, owner bisa meminta tolong reseller untuk mempromosikan produk penjualannya agar lebih bisa dijangkau oleh masyarakat.  

Itu dia beberapa contoh bisnis kreatif mahasiswa yang trend dan masih sangat diperlukan oleh masyarakat. Bahkan, mungkin masih diperlukan hingga beberapa tahun ke depan. Untuk menjalankan bisnis, kunci yang pertama adalah jangan takut gagal dan berani untuk mencoba. Jadi, buat kalian mahasiswa yang membayar kuliah sendiri, jangan pesimis ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

Acara Reuni Kreatif

Inilah Susunan Acara Reuni Kreatif di Indonesia, Seru Abis

Reuni selalu menjadi momen kumpul-kumpul yang berkesan bagi setiap orang. Untuk menciptakan kesan dan keseruan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *