Kumpulan Karya Desain Spanduk Kreatif Beserta Penjelasan

Spanduk merupakan salah satu media informasi yang biasa berwujud kain yang membentang panjang yang biasanya dipajang di jalanan atau di tempat-tempat makan. Fungsi spanduk sendiri untuk media promosi baik berupa produk, jasa, acara, dan sekolah. Banyak desain spanduk kreatif yang sukses menarik perhatian masyarakat sehingga efektif bagi sarana promosi atau sarana marketing.

Contoh Desain Spanduk Kreatif

Bagi para pemilik bisnis yang membutuhkan media marketing atau promosi efektif, maka bisa memanfaatkan spanduk untuk menjangkau masyarakat lebih luas dan jumlah yang lebih banyak. Tidak perlu khawatir karena desain spanduk yang kreatif dan menarik sebenarnya mudah dibuat, hanya saja memang dibutuhkan inovasi, kreasi, dan imajinasi yang tepat untuk membuatnya.

Berikut beberapa contoh kumpulan karya desain spanduk kreatif 2020 :

1. Desain Spanduk Elegan Fine Dining

Desain mencolok dan menggunakan warna terang sudah biasa digunakan pada desain spanduk makanan bukan? Nah, desain ini hadir dengan nuansa yang berbeda. Desain ini memberikan kesan yang kalem dan elegan bagi pengunjung. Desainer lebih bermain pada warna untuk memuaskan khalayak atau masyarakat.

Tidak perlu dengan banyak gambar atau efek di dalam desain spanduk yang satu ini, cukup dengan bermain cantik dalam mengkreasikan warna. Dalam desain ini, desainer menggunakan warna yang cenderung tidak terang atau mencolok. Perpaduan warna yang elegan seperti perpaduan warna hitam dan emas pada desain spanduk ini menjadi ciri khasnya. Kedua warna tersebut dipadukan dengan tidak melupakan tambahan gambar menu pada warung makan atau restoran yang ditawarkan. 

2. Desain Spanduk Soft Warna Pastel

Sudah biasa banget ya melihat warna spanduk yang mencolok di pinggir jalan. Di tahun ini, spanduk yang didesain dengan warna yang soft sudah cukup banyak dijumpai. Spanduk dengan warna yang lembut (soft) lebih enak dipandang di jalanan, terkesan lebih kalem dan elegan.

Spanduk dengan desain soft warna ini biasa dijumpai di toko jilbab dan toko kue. Pemilik toko mencetak spanduk untuk toko mereka dengan memilih warna yang soft karena disesuaikan dengan produk yang mereka jual. Tidak lupa sebagai ‘nyawa’ dalam spanduk, gambar produk baik kerudung maupun roti tetap ditambahkan di dalam spanduk tersebut.

3. Desain Khas Negara

Selain menggunakan warna pastel, spanduk masa kini juga tak jarang menggunakan warna dominan hitam (gelap). Warna ini akan memberikan kesan klasik. Ya, spanduk ini biasanya berada di tempat-tempat makan, seperti café yang ada di tengah kota. Selain di tempat makan atau nongkrong, spanduk yang warna background gelap biasanya berada di barbershop atau biasanya digunakan sebagai tempat potong rambut kaum pria.

Penggunaan spanduk warna gelap pada barbershop terkesan gentleman yang identik dengan laki-laki. Spanduk ini biasa dilengkapi dengan siluet model-model potongan rambut. Oh ya, untuk spanduk yang diberi nama dengan ‘desain khas negara’ ini sudah cukup menjamur di berbagai negara, diantaranya di restoran makanan Mexico, Amerika, dan Eropa.

4. Desain Gambar Full Color

Nah, desain spanduk yang satu ini sedikit berbeda dari desain sebelumnya. Spanduk ini tidak menggunakan background warna saja, tetapi sudah berbentuk gambar dari produk yang ditawarkan dengan warna yang full color. Menarik untuk dicoba ya?

Agar tidak terkesan membosankan, desainer spanduk ini menambahkan sedikit deskripsi mengenai produk tersebut. Tak lupa juga dengan alamat kantor atau toko dari produk tersebut untuk menambah informasi bagi pembaca. Desain dengan background gambar full color ini lebih menarik karena pada desain spanduk ini gambar dari produk lebih ditonjolkan.

Spanduk dengan desain background gambar full color, biasanya memuat informasi mengenai pendaftaran sekolah atau perekrutan pegawai atau karyawan kantor atau lebih tepatnya fungsi dari spanduk tersebut adalah untuk menawarkan jasa.

5. Desain Spanduk dengan Warna Kontras

Bagaimana dengan desain spanduk yang satu ini? Tentunya spanduk dengan desain jenis ini lebih mencolok dan menarik orang yang melihatnya. Ambil saja contoh desain spanduk yang warnanya kontras adalah spanduk dengan memadukan warna kuning dan biru.

Di dalamnya terdapat gambar produk, sekolah, kantor, atau gambar lain yang menjadi objek utama yang dipamerkan. Dalam desain spanduk ini, desainer juga bisa menambahkan desain Memphis agar tampilan spanduk lebih menarik. Desain jenis ini umumnya dijumpai dengan jenis penawarannya produk makanan.

6. Desain Spanduk Menggunakan Elemen Warna Merah yang Keren

Warna merah menjadi warna favorit banyak orang, selain itu warna ini juga sangat eye catching sehingga sangat cocok digunakan untuk warna dasar spanduk. Untuk spanduk yang keren dan kreatif, bisa dimulai dengan menggunakan warna merah sebagai dasar utama. Setelah itu, warna merah dipadukan dengan warna emas atau gold  tanpa terkesan tidak meninggalkan warna merah sebagai warna dasar.

Untuk pemanis, desain tersebut bisa ditambah dengan efek garis selang-seling yang tidak beraturan akan lebih menghidupkan desain spanduk ini. Untuk lebih kreatif lagi, padukan dengan warna hitam supaya terlihat lebih elegan. Pada desain ini, ditambahkan dengan logo dan juga keterangan dari produk agar tidak terlihat monoton.

7. Desain Spanduk Foto Profesional

Seperti apa sih yang dimaksud dengan spanduk desain foto profesional? Maksudnya, dalam desain spanduk ini lebih dominan menggunakan warna biru. Warna biru sendiri sering digunakan dalam suatu perusahaan karena terkesan profesional dalam pengaplikasian di desain.

Akan tetapi, desain dengan warna biru juga bisa digunakan untuk desain spanduk makanan, lebih tepatnya spanduk yang digunakan untuk penawaran produk oleh restoran. Dalam spanduk ini, warna biru tetap bisa dipadukan dengan warna lain, tidak mengharuskan hanya satu warna biru saja.

Warna biru bisa dipadukan dengan warna hitam atau coklat agar tidak terkesan terlalu resmi. Bisa juga ditambahkan sentuhan warna terang seperti kuning, orange, atau emas (gold). Desain spanduk ini diinovasikan dengan efek garis-garis dan tetap tidak menutupi gambar dari produk. Gaya tulisan pada desain ini cenderung bergaris tegas dan berukuran besar.

Demikian beberapa kumpulan karya desain spanduk yang sedang trend di masyarakat. Dalam mendesain setiap jenis spanduk membutuhkan ide yang kreatif. Kemampuan desainer dituangkan semaksimal mungkin sesuai dengan jenis produk yang ditawarkan.

Dalam pembuatan spanduk, biasanya ditambah dengan gambar produk, orang, bangunan, atau bahkan animasi agar lebih menarik orang yang tertarik untuk melihatnya. Nah, di tahun ini, desain yang sedang ngetrend adalah desain dengan animasi. Pembuatan spanduk masa kini sudah lebih sering dijumpai dengan gambar animasi. Proses pembuatan spanduk ini juga sudah dominan menggunakan digital dibanding sablon atau spray.

Jadi, itulah berbagai macam contoh jenis desain spanduk kreatif terbaru yang patut dicoba. Jangan membuat spanduk dengan desain yang monoton dan itu-itu saja. Cobalah berkreasi dengan membuat spanduk yang penuh kreativitas. Dengan begitu, maka akan semakin banyak orang yang senang melihatnya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

Acara Reuni Kreatif

Inilah Susunan Acara Reuni Kreatif di Indonesia, Seru Abis

Reuni selalu menjadi momen kumpul-kumpul yang berkesan bagi setiap orang. Untuk menciptakan kesan dan keseruan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *