Peluang Usaha Ekonomi Kreatif Hanya Bermodalkan Internet

(Sumber: Escolatopline.com.br)

Zaman semakin berkembang, menuntut semua orang  untuk lebih mengembangkan kreativitas agar tak semakin tergerus perkembangan zaman. Begitu pula dunia bisnis, kreativitas menjadi modal utama untuk menarik pelanggan dan investor. Untuk menciptakan usaha ekonomi kreatif ini bukanlah perkara yang sulit. Hanya saja, hambatan dalam diri sering menjadi faktor kegagalan.

Hambatan dari dalam diri yang dimaksud adalah rasa malas, takut mencoba, dan sering terjebak pada zona nyaman dan takut gagal. Padahal, kini di Indonesia sudah banyak usaha kreatif yang sukses, maka tirulah bagaimana mereka memulai bisnis dan bisa bertahan lama. Selain itu, kurangnya modal juga kerap menunda untuk mencoba memulainya. Namun, kini ketersediaan modal tidak lagi menjadi faktor penunda. Hanya bermodal internet, cukup untuk memulai usaha ekonomi kreatif dengan dibarengi skill atau keterampilan.

7 Peluang Usaha Sukses Bermodalkan Internet

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha hanya dengan modal internet saja:

1. Admin Sosial Media

Saat ini, banyak platform sosial media yang semakin berkembang, seperti Instagram, facebook, twitter, dan lain sebagainya. Disadari atau tidak, hampir semua orang kini memiliki sosial media. Bahkan, satu orang dapat memiliki lebih dari satu akun dalam platform sosial media yang sama. Netizen semakin berlomba-lomba untuk dapat membuat konten yang eye catching.

Baca Juga : Kuliah Bayar Sendiri? Ini Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Selain itu, kini semakin banyak pula online shop yang semakin gencar dalam melakukan ekspansinya di dunia maya. Namun, kebutuhan ini sering tidak dibarengi dengan keterampilan pemilik akun. Peluang ini dapat digunakan untuk menjadi admin media sosial dengan menawarkan bagaimana cara merancang sebuah feed yang menarik dan mengelola akun agar ramah konsumen.

Pekerjaan sebagai admin sosial media menjadi salah satu profesi yang paling dicari dan terus mengalami perkembangan. Tidak hanya yang dilakukan secara full time, pekerjaan ini juga dapat ditekuni secara freelance. Pekerjaan ini dapat dilakukan dimana saja, termasuk sambil rebahan di dalam rumah. Asyik kan?

2. Menulis

Ekonomi Kreatif
(Sumber: Freelancing.com)

Banyak cara untuk dapat menghasilkan uang dari penulisan di rumah.  Seperti menulis artikel lepas, penulis ghostwriting, atau copywriting. Bagi yang menyukai kebebasan dalam kegiatan menulis, maka tipe tulisan yang patut dicoba adalah penulisan fiksi. Setelah menyelesaikan sebuah tulisan, dibutuhkan penerbit untuk dapat mengorbitkan nama kita menjadi penulis yang dikenal. Saat ini, kemudahan semakin dapat dijangkau, yaitu dengan memanfaatkan penerbitan mandiri.

Selain masalah penerbitan, hal yang harus dipertimbangkan adalah pemasaran. Hal ini dapat dimulai dengan membangun platform menulis dan mengembangkan rencana pemasaran buku seperti membuat jejaring reseller dan lain sebagainya.

Cara lain untuk mendapatkan kendali atas karya dalam menulis adalah dengan cara blogging sehingga dapat memasukkan topik apapun yang diinginkan. Setidaknya, dengan cara ini perlahan nama kita semakin dikenal sebagai sosok yang memiliki kemampuan menulis. Cara blogging ini belum terlalu ketinggalan zaman. Lagipula blog memberikan peluang untuk memasang iklan online dari Google Adsense dan bisa menjual jasa review produk. Tentunya untuk mendapatkan adsense ini, blog harus sudah berumur cukup lama dan memiliki beragam konten artikel. Jadi, blognya harus sering aktif ya.

3. Web dan Desain Grafis

Di zaman digital seperti sekarang, banyak perusahaan atau lembaga yang membutuhkan jasa desain grafis untuk memasarkan produk mereka. Banyak perusahaan dan situs lepas yang memperkerjakan dan menyediakan proyek ini. Jika sudah memiliki portofolio, kita bisa lebih mudah mendapatkan klien yang mau memberikan bayaran besar.

Usaha kreatif ini dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit, jika telaten ditekuni. Sebuah desain bisa bernilai ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah. Usaha ini memiliki potensi pasar seluruh dunia, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan juga semakin besar.

4. Fotografi

Ekonomi Kreatif
(Sumber: Thecellphonehospital.com)

Keahlian fotografi memang bisa dimiliki oleh semua orang. Apalagi kini hampir semua orang sudah memiliki dan memanfaatkan fasilitas kamera dalam smartphone. Tentu keahlian ini menjadi keahlian yang semakin banyak dikuasai orang. Namun, untuk menekuni dan memanfaatkan keahlian fotografi sebagai peluang usaha, belum banyak orang yang melakukannya. Padahal, fotografi memiliki banyak potensi untuk menghasilkan banyak keuntungan.

Baca Juga : Produk Ide Kreatif dari Kayu Bekas yang Jarang Dilirik Pengusaha

Jika sudah menjadi seorang fotografi profesional, hasil foto bisa dihargai ratusan ribu bahkan sampai puluhan juta rupiah. Berbagai platform sosial media atau website sangat cocok untuk digunakan sebagai lahan pemasaran. Tinggal pilih sesuai preferensi. Namun, jangan lupa karya diberi watermark agar tidak diakui orang lain.

5. Jasa Pembuatan Website Online

Peluang usaha kreatif lainnya yang tidak kalah menjanjikan adalah membuka usaha pembuatan website yang dilakukan secara online. Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, banyak produsen komersial hingga instansi pemerintahan yang membutuhkan website untuk keperluan branding produk yang ditawarkan.

Usaha ini dapat dimulai dengan membuat website pribadi untuk menawarkan jasa. Jika terkendala modal untuk membuat websitenya, media-media penyedia jasa freelance dapat dijadikan alternatifuntuk menawarkan jasa pembuatan website yang kalian tawarkan.

6. Desain Interior

Ekonomi Kreatif
(Sumber: Gemaintermulia.co.id)

Maraknya acara yang bertema interior rumah, membuat orang-orang ingin memperbaiki rumah mereka. Namun, banyak yang tidak memiliki keahlian dan pengetahuan mengenai bagaimana cara mengatur interior rumah agar tampak cantik sesuai harapan pemiliknya.

Singkatnya, usaha ini seperti berperan sebagai penyiar rumah, yaitu membantu penjual rumah untuk membersihkan, mengorganisir, dan mendekorasi rumah sehingga menarik pembeli. Keterbatasan pada jejaring pasar menjadi penghambat dalam usaha kreatif ini. Oleh sebab itu, jalin kerjasama dengan pembangun, agen penjual, dan bisnis renovasi rumah agar mendapatkan referensi. Sebagai alternatif lain, kita juga dapat menambahkan pementasan rumah hasil desain ke menu layanan pada platform yang digunakan untuk pemasaran.

7. Membuka Kelas Kursus Online

Peralihan menuju zaman digital, semakin memungkinkan siapa saja untuk menjadi guru. Dengan keterampilan yang dimiliki, baik di bidang teknologi, pertanian, bahasa, kuliner, seni, apapun itu dapat dimanfaatkan untuk membuka kelas kursus online. Selain sebagai lahan untuk menambah pundi-pundi keuangan, kegiatan mengajarkan ini secara tidak langsung akan mempertajam keterampilan.

Usaha ini dapat dibuka melalui sosial media berbasis visual, tulisan, audio-visual, atau bahkan dengan membuka kelas di semua basis sosial media. Kita dapat mengandalkan adsense atau pembayaran dari konsumen. Usaha ini tentu lebih ringan bagi produsen maupun konsumen. Bagi produsen, hanya perlu melakukan sekali pengajaran, konten dapat diakses siapapun meski dalam waktu yang berbeda.

Baca Juga : Pilihan Aplikasi Keren untuk Membuat Template CV Kreatif

Jika ada ‘murid’ yang belum paham maka ‘guru’ tak perlu repot menjelaskan ulang. Si murid hanya perlu mengakses ulang untuk menambah pemahamannya. Bagi konsumen atau sang ‘murid’, tak perlu lagi beranjak dari tempat nyamannya. Murid dapat mengakses dari manapun dan dimanapun. Kemudahan inilah yang memungkinkan usaha ini memiliki tarif yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kursus offline. Namun, si produsen tetap bisa mendapatkan untung yang banyak.

Setelah melihat beberapa peluang usaha ekonomi kreatif di atas, kira-kira usaha apa yang paling ingin kalian coba? Jangan galau terus ya, putuskan segera. Saat ini yang perlu diingat adalah lakukan usaha ini dengan tekun dan pantang menyerah. Memang bukan hal yang mudah untuk terjun di dunia bisnis online, namun sekali berhasil maka kita akan mendapat keuntungan yang berkali-kali lipat. Semoga bermanfaat dan tetap semangat!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

Taman Kelas Kreatif

Desain Taman Kelas Kreatif yang Membuat Anda Betah Sekolah

Bosan dengan suasana kelas atau sekolah yang seperti itu-itu aja? Agar semakin betah dengan suasana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *