Cara Cepat Membuat Hiasan Dinding Kelas Kreatif Murah Meriah

Ruang kelas menjadi salah satu tempat yang paling banyak digunakan siswa untuk belajar. Pasalnya, hampir 8 jam dalam sehari, siswa menghabiskan waktunya di dalam ruang kelas. 

Membuat berbagai hiasan dinding kelas kreatif bisa menjadi solusi yang tepat untuk membuat suasana kelas senyaman mungkin. Sehingga mood dan semangat siswa bisa tetap terjaga selama menjalankan proses belajar di dalam kelas.

Ide dan Cara Membuat Hiasan Dinding Kelas Kreatif

Hiasan kreatif pada dinding kelas akan membuat semangat belajar siswa meningkat, karena membuat kelas menjadi terlihat lebih indah. Jika kelas lebih indah, maka konsentrasi siswa akan meningkat, dengan begitu siswa menjadi lebih nyaman ketika proses pembelajaran.

Namun, hiasan pada dinding kelas pun tidak bisa sembarangan, diperlukan kreativitas dalam membuatnya. Selain itu juga harus disesuaikan dengan motif dan berbagai bentuk yang memang sesuai untuk diletakkan di lingkungan sekolah.

1. Hiasan Origami

Origami atau kertas lipat menjadi salah satu jenis kerajinan tangan yang sangat populer untuk dibuat. Kerajinan ini berasal dari Jepang dan menjadi semakin populer di dunia. Untuk membuat hiasan dinding kelas kreatif yang murah meriah, kita bisa memanfaatkan kertas origami dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna.

Cara yang perlu dilakukan juga terbilang mudah. Kuncinya adalah siapkan terlebih dahulu berbagai kertas origami dengan berbagai macam ukuran dan warna. Kemudian bentuk kertas tersebut menjadi berbagai bentuk yang menarik, misalnya menjadi bentuk bintang. Buat bentuk bintang tersebut sebanyak mungkin. Setelah selesai silahkan tempelkan bintang-bintang tersebut di berbagai penjuru dinding kelas. Pasti tampilan dinding kelas akan menjadi lebih indah dan kreatif.

2. Hiasan Tematik

Hiasan tematik di sini maksudnya yang sesuai dengan apa yang anak didik pelajari. Sebagai contoh, di taman kanak-kanak atau di PAUD, biasanya ada beberapa ruangan yang digunakan dan disesuaikan dengan tema kelas. Kelas untuk keterampilan akan lebih menarik jika diisi dengan berbagai macam profesi di masa depan.

Untuk ruang kelas sekolah dasar, tipe hiasan yang bisa diterapkan contohnya tentang cara membuat tema mata pelajaran yang kurang dikuasai siswa. Misalnya saja mata pelajaran IPA tema tata surya. Dinding bisa dihias dengan berbagai gambar yang ada dalam lingkup tata surya, seperti matahari, planet-planet, bintang, bulan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, hiasan tersebut akan sering dilihat oleh siswa dan lama kelamaan siswa pun akan familiar dan merasa asyik dengan materi tersebut.

Selanjutnya, untuk siswa sekolah menengah atas, hiasan tipe ini bisa diterapkan dengan membuat tema sesuai dengan jurusan yang diambil siswa. Hal ini, selain bisa menambah dinding semakin terlihat cantik dan menarik, tentunya juga bisa menambah kecintaan dan minat siswa terhadap jurusan yang dia ambil.

3. Hiasan Recycle (Hiasan dari Barang Bekas)

Gambar 2

Jika kita perhatikan, banyak sekali barang-barang bekas yang ada di sekitar kita yang tidak terpakai dan cenderung menjadi sampah. Nah, agar lebih bermanfaat, barang-barang bekas tersebut bisa kita sulap menjadi hiasan dinding yang kreatif. Tentu banyak sekali yang bisa kita ciptakan dari barang-barang bekas tersebut. Contohnya, botol bekas bisa kita manfaatkan untuk membuat bunga-bunga. Tinggal kita potong membentuk pola bunga, kemudian kita satukan hingga terbentuk bunga yang utuh.

Selain itu, sedotan plastik bekas, kertas bekas pun juga sangat bisa kita manfaatkan untuk membuat hiasan dinding ini. Salah satunya yaitu bisa kita sulap menjadi replika pohon atau tumbuhan lainnya. Kertas bekas pun juga bisa kita buat menjadi berbagai macam bentuk binatang, buah-buahan, tumbuhan, dan banyak macam hiasan lainnya.

4. Hiasan Bentuk-bentuk Benda

Selanjutnya, masih dengan menggunakan barang bekas, kita juga bisa menyulap kardus dan kertas bekas menjadi berbagai macam bentuk benda. Bentuk-bentuk benda seperti lingkaran, persegi, persegi panjang, dan lain sebagainya bisa kita buat dengan memanfaatkan kardus dan kertas bekas. Tinggal kita tambahkan cat air atau bahan pewarna lainnya, kelas akan menjadi lebih hidup.

Selain sebagai hiasan, bentuk-bentuk benda ini juga bisa digunakan untuk mengenalkan siswa (terutama siswa taman kanak-kanak) terhadap berbagai bentuk benda. Nah, ada lagi nih, berbagai warna yang digunakan juga akan memudahkan siswa untuk mengenali berbagai macam warna! Seperti kata pepatah, yaitu satu kali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Wah, menarik bukan?

5. Hiasan Alfabet

Selanjutnya, kita bisa membuat hiasan berupa bentuk-bentuk alfabet untuk dinding ruang kelas. Hiasan ini bisa dibuat dengan kardus dan kertas bekas juga. Selain sebagai hiasan, tentunya bentuk-bentuk alfabet ini bisa digunakan juga sebagai media siswa untuk mengenal huruf.

Tidak perlu repot-repot membuatnya, kita bisa memakai penggaris huruf untuk membentuk hurufnya, kemudian tinggal kita tambahkan warna dan akan menjadi hiasan yang menarik dan kreatif untuk dinding ruang kelas.

6. Hiasan Angka

Nah, setelah berjibaku dengan alfabet, tidak lengkap rasanya kalau tidak disandingkan dengan angka. Yap! Hiasan dinding kreatif yang selanjutnya yaitu hiasan angka. Agar tidak membosankan bagi siswa, hiasan ini bisa dikolaborasikan dengan bentuk-bentuk lainnya.

Cara membuatnya juga terbilang mudah sekali dan bisa dibuat dari berbagai macam media seperti kertas atau styrofoam. Kemudian ubah kertas atau styrofoam tersebut menjadi berbagai bentuk angka. Dengan begitu, siswa pun senang dengan ruang kelas yang menarik dan proses belajar pun menjadi lebih efektif karena terbantu oleh angka-angka pada hiasan dinding.

7. Huruf Hijaiyah

Selain alfabet dan angka, ada satu lagi yang tidak kalah menarik dan kreatif, yaitu hiasan huruf hijaiyah. Hiasan ini mungkin lebih dikhususkan bagi sekolah yang siswanya muslim atau sekolah-sekolah islam terpadu.

Hiasan dinding ini bisa dibuat dengan kardus dan kertas bekas juga, tentunya sangat mudah bukan? Namun, dibalik kemudahannya, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh para siswa.

Nah, itu adalah beberapa hiasan dinding kelas kreatif yang bisa digunakan untuk menghias ruang kelas. Mudah sekali, bukan? Semua bahannya sudah tersedia di toko atau di sekitar kita. Satu hal yang perlu diingat, yakni selain menggunakannya sebagai hiasan, jangan lupa untuk menyisipkan materi-materi pembelajaran di dalamnya.

Mengapa? Karena hal ini bisa membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan di dalam kelas. Selain itu, hiasan dinding kelas kreatif ini juga bisa menambah semangat siswa dalam belajar. Karena kelas menjadi penuh warna dan tidak monoton di mata siswa, sehingga siswa akan lebih mudah dan tentunya lebih nyaman saat proses pembelajaran.

Dengan adanya berbagai kreasi hiasan dinding yang lucu dan menarik, kondisi kelas akan jauh lebih nyaman dan siswa menjadi betah belajar di dalam kelas. Bonusnya, pembelajaran akan menjadi lebih efektif jika kelas dilengkapi dengan berbagai hiasan dinding kelas kreatif ini.

Hiasan dinding kreatif yang diaplikasikan dengan benar, juga akan membuat guru lebih mudah dalam mengajar siswanya. Wah, lengkap sekali ya manfaat yang kita dapat jika menggunakan hiasan dinding kelas kreatif. Keindahannya dapat dan kenyamanan proses pembelajaran pun meningkat. Selamat mencoba di ruang kelas masing-masing!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

resep makanan unik dan kreatif

Bongkar Rahasia Resep Makanan Unik dan Kreatif

Mengkreasikan makanan menjadi berbagai menu unik dan kreatif menjadi hal yang memang harus dicoba oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *