kreativitas

Ikuti Tips Hidup Hemat di Perantauan Ala Anak Kost Berikut

Hidup Hemat

Hidup merantau memang tidak mudah apalagi untuk mengatur keuangan agar bisa cukup dalam satu bulan baik itu untuk yang merantau karena alasan bekerja atau mengenyam pendidikan di kota orang.

Perlu trik khusus untuk bisa berhemat sebagai anak rantau yang jauh dari keluarga. Kunci agar bisa nyaman dan tentram saat berada di perantauan adalah dengan menerapkan prinsip hidup hemat. Hidup hemat mungkin gampang untuk diucapkan tapi dalam prakteknya ternyata cukup susah.

Agar Anda  bisa menjadi orang rantau yang hemat, Anda  bisa menyimak ulasan berikut dan menerapkannya saat berada di perantauan.

Cara Cerdas Hidup berhemat di Perantauan

Membuat Daftar atau List

Hidup Hemat
Membuat Daftar Atau List Keuangan Sangatlah Penting

Hal ini menjadi hal terpenting yang harus Anda lakukan karena kegiatan inilah yang membantu Anda untuk mengatur keuangan. Buat daftar kebutuhan Anda setiap bulannya.

Atur barang atau kebutuhan yang benar-benar harus Anda dahulukan dan mengesampingkan keinginan yang tidak terlalu penting.

Cara hidup hemat ini cukup efektif untuk membantu Anda. Baik bagi yang masih baru saja menjadi anak rantau juga yang sudah mengalami menjadi anak rantau bertahun-tahu.

Tetapi yang harus diingat adalah Anda harus mempunyai kesadaran diri untuk menjalankan apa yang sudah Anda tulis. Karena percuma saja Anda sudah membuat kebutuhan prioritas tetapi masih membeli barang yang tidak Anda butuhkan saat itu.

Mengatur Uang Makan

Hidup Hemat
Atur Uang Makan Anda!

Yang tidak kalah penting selain membuat list kebutuhan, yang harus Anda lakukan adalah menjaga budget makan dan minum.

Tidak bisa dipungkiri bahwa makan dan minum merupakan kebutuhan pokok yang sangat menghabiskan uang. So, daripada Anda tidak bisa makan di akhir bulan lebih baik menghemat setiap harinya.

Makan dan minum enak serta sehat tidak perlu mahal, yang terpenting turunkan ego Anda yang biasanya bisa makan makanan mahal setiap hari mungkin sekarang seminggu sekali.

Memang akan sulit untuk melakukanya, tapi dari hal kebiasaan ini Anda belajar arti kesederhanaan dan membuat Anda terus bersyukur atas rejeki yang bisa Anda nikmati selama ini.

Membuat Jadwal Ambil Uang

Selain harus mengatur memakai uang, Anda juga harus mengatur kapan saja Anda  harus mengambil uang ke bank. Hal ini cukup membantu Anda untuk lebih bijak memakai uang karena uang lebih Anda berada di bank bukan di tangan.

Namun yang perlu diingat, Anda harus mempunyai kesadaran diri untuk tidak menggunakan uang lebih dari jatah yang seharusnya. Kalau tidak ada kesadaran diri, usaha hidup hemat  Anda akan percuma

Kurangi Hal yang Tidak Penting

Hidup Hemat
Kurangi Membeli Hal-Hal yang Tidak Penting

Bagi Anda yang di rumah lebih sering nyemil daripada makan berat, sepertinya Anda harus menghilangkan kebiasaan itu jika Anda ingin menghemat keuangan sebagai anak ramtau.

Di sini bukan berarti tidak boleh nyemil, namun akan lebih baik jika hal ini dikurangi. Faktanya, cemilan jarang bisa membuat Anda kenyang namun harganya bisa lumayan mahal.

Baca Juga : Tips Backpaker Hemat

Oleh karena itu, pastikan Anda kenyang saat Anda makan agar nantinya tidak perlu nyemil lagi, terutama jika mau menjelang malam hari.

Selain termasuk upaya hidup hemat, berhenti nyemil juga bisa membantu Anda menjaga berat badan tetap ideal dan terhindar dari obesitas akibat sering nyemil di malam hari.

Belajar Memasak

Jika dipikir membeli makanan memang dirasa lebih praktis tapi dengan Anda memasak sendiri, Anda jadi bisa menghemat uang atau menerapkan prinsip hidup hemat.

Selain itu dengan memasak, makanan yang Anda makan akan lebih terjamin kebersihannya. Ya, minimal Anda bisa memasak nasi sama air dulu deh, jadi Anda tinggal beli lauk di warung, dan tak perlu keluar uang lagi buat beli nasi sama air mineral kan?

Anda juga bisa belajar masak menu-menu sederhana lain, selain bisa mengubah image anak rantau yang identik dengan makan mie instan di akhir bulan.

Anda juga bisa jadi calon suami atau istri yang pinter masak lho. Apalagi sekarang jaman semakin canggih, Anda engga perlu bingung untuk belajar masak darimana, kan udah ada internet, cukup browsing resep dan cara masaknya langsung lihat video tutorialnya aja.

Stop Pakai Jasa Laundry

Memilih untuk menjadi anak rantau tandanya harus siap mandiri dan itu menuntut Anda  untuk bisa masak sendiri dan mencuci serta menyetrika baju sendiri. Untuk menerapkan prinsip hidup hemat sudah semestinya Anda  menyetrika dan mencuci baju sendiri.  

Dibalik kepraktisan dan kemudahan membawa baju kotor ke tempat laundry ada kantonga Anda yang siap-siap untuk segera ‘mlompong’.

Cobalah atur waktu untuk mencuci dan setrika, mungkin seminggu sekali di akhir pekan. Cobalah untuk tidak terlalu sering ganti baju jika tidak perlu agar cucian tidak menggunung sehingga aktivitas mencuci dan menyetrika baju terasa lebih ringan.

Kurangi Nongkrong

Godaan sebagai anak rantau adalah ngopi bareng teman-teman baik itu teman kampus, teman kerja atau mungkin pergi nonton dan shopping berjamaah.

Ini jelas bukan kegiatan yang cocok untuk dilakukan anak rantau yang ingin hidup hemat.

Terlalu sering nongkrong meski katakan saja hanya membeli secangkir kopi namun jika dilakukan hampir setiap hari sepulang kerja atau kuliah tentu biaya yang dikeluarkan cukup lumayan untuk membeli kebutuhan pokok, bukan?

Karenanya usahakan sebisa mungkin untuk mengurangi jadwal nongkrong sepulang kerja atau kuliah apalagi untuk nonton di bioskop dan shopping, bisa-bisa masih jauh dari akhir bulan uang sudah habis.

Wajib Menabung

Hidup Hemat
Anda Harus Wajib Menabung

Udah tahu bukan kalau menabung itu penting banget? Jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang tabungan setelah Anda mendapatkan uang bulanan.

Sisihkan minimal 5-10% uang bulanan yang Anda terima untuk ditabung. Tabungan ini akan sangat berguna jika di akhir bulan Anda membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak atau saat kondisi keuanganmu sedang menipis.

Baca Juga : Tips Memilih Arsitek Profesional

Ini berlaku baik bagi anak rantau yang merantau karena alasan pendidikan maupun yang merantau karena bekerja di kota orang. Menabung sudah menjadi aktivitas wajib bagi yang ingin hidup hemat.

Dengan menabung selain bisa memiliki uang lebih di akhir bulan, Anda masih bisa makan enak di akhir bulan nanti. Menabung juga membuat Anda  bisa memiliki dana dadakan yang bisa digunakan jika ada keperluan penting yang mendadak misalnya saja saat Anda  sedang sakit dan butuh ke dokter serta membeli obat.

Well, untuk melakukan gaya hidup hemat memang cukup berat apalagi bagi Anda  yang sedang berada di perantauan. Anda  harus mengatur keuangan Anda  sendiri tanpa ada yang memantau sedangkan banyak sekali godaan yang harus Anda  lawan seperti nongkrong bersama teman, nonton, shopping dan juga membeli cemilan kesukaan Anda .

Namun jika ada niat dan tekad yang bulat, tentu hemat bukan hal yang susah dilakukan. Jika Anda  sudah terbiasa untuk menabung hidup hemat akan menjadi sahabat Anda .

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top