Produk Ide Kreatif dari Kayu Bekas yang Jarang Dilirik Pengusaha

Selama ini kayu bekas selalu identik dengan benda yang layak dibuang. Padahal, jika mau berpikir kreatif ada banyak ide kreatif dari kayu bekas yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Bahkan, hasil kreasi dari kayu bekas ini bisa memberikan keuntungan bagi pengusaha karena memiliki nilai jual tinggi. Tentunya, kayu bekas ini harus diolah dahulu menjadi berbagai benda yang unik dan kreatif.

Ini Dia Aneka Ide Kreatif dari Kayu Bekas

Bagi kalian yang ingin memulai usaha mebel yang memanfaatkan berbagai kayu, bisa menjadi kan berbagai ide kreasi dari kayu bekas berikut ini yang jarang sekali dilirik oleh para pengusaha. Dengan inovasi kreasi, dan imajinasi, berbagai produk dari kayu bekas ini bisa dijual dengan harga tinggi.

1. Jam Meja dari Kayu Bekas

Jam meja biasanya berbahan dasar plastik. Dengan ide kreatif, kayu bekas yang sudah tidak terpakai lagi bisa disulap menjadi jam meja. Untuk membuat jam meja ini, kita bisa memadukan kayu bekas dengan kaleng bekas.

Kayu bekas digunakan sebagai bentuk lingkaran jam, sedangkan kaleng bekas digunakan sebagai pelapis lingkaran kayu. Selain sebagai pelapis lingkar kayu, kaleng bekas tersebut juga dijadikan sebagai jarum jam. Sementara itu, penyangga jam meja yang terdapat di belakang jam juga dibuat dari kayu bekas.

2. Jam Dinding dari Kayu

Selain jam meja, kayu bekas juga bisa diubah menjadi jam dinding. Kayu bekas diukir sesuai dengan bentuk yang diinginkan, kemudian dicat dengan warna kayu. Untuk membuat jam dinding dengan kesan klasik dan elegan, maka bisa juga dipadukan dengan bahan dari plastik atau kaleng sesuai model jam dinding yang diinginkan. Jangan lupa, pastikan ukuran angka-angka pada jam dinding bisa tetap terlihat dari kejauhan ya.

3. Lampu Belajar Berbahan Dasar Kayu

Ide kreatif dari kayu bekas selanjutnya adalah dengan membuat lampu belajar yang terbuat dari kayu bekas. Tetapi, lampu ini tidak semuanya terbuat dari kayu ya. Kayu digunakan sebagai papan lampu dan penyangga lampu. Sementara, untuk wadah lampu belajarnya bisa dibuat dari barang berbahan dasar plastik atau kaleng.

Lampu belajar yang terbuat dari kayu akan memiliki kesan yang berbeda bagi yang melihatnya, tampak lampu belajar tersebut lebih elegan. Apalagi jika lampu belajar ini diberi warna soft, seperti cream atau warna kayu itu sendiri untuk lebih menghidupkan suasana kayunya. Kelemahan dari lampu belajar yang terbuat dari kayu adalah akan terasa lebih berat jika diangkat daripada lampu belajar yang terbuat dari plastik.

4. Tripod Ponsel Berbahan Dasar Kayu Bekas

Kayu bekas yang berbentuk balok kecil memanjang atau bisa juga berbentuk silinder jangan buru-buru dibuang ya. Kayu bentuk ini bisa diubah bentuknya menjadi sebuah barang yang memiliki nilai jual dan fungsi. Salah satunya bisa diubah menjadi sebuah tripod. Tripod yang dimaksud di sini bukan tripod untuk kamera, melainkan tripod untuk memajang foto.

Kayu bekas berbentuk balok memanjang atau silinder ini disusun menjadi bentuk segitiga berdiri yang memiliki penyangga di belakangnya. Kegunaan penyangga itu sendiri berfungsi untuk mengatur kemiringan foto yang akan dipajang.

Untuk menambah kualitas penampilan tripod, beri warna sesuai dengan yang diinginkan agar lebih menarik. Foto yang dipajang menggunakan tripod akan lebih mudah dipindahkan ke tempat yang diinginkan. Bisa di ruang tamu, kamar, atau bahkan di meja tempat kita bekerja.

5. Vandel Terbuat Dari Kayu Bekas

Vandel merupakan sebuah barang yang biasa digunakan untuk memberikan penghargaan atau kenang-kenangan baik itu untuk lembaga, instansi, maupun perorangan. Vandel yang kita jumpai umumnya terbuat dari bahan dasar keramik. Dengan sedikit melirik bahan dasar lain, vandel ini bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar kayu bekas.

Kayu bekas diukir menyerupai bentuk vandel pada umumnya atau bisa juga dibuat menjadi bentuk yang lebih kreatif lagi. Misalnya, berbentuk seperti nyala api menghadap ke atas. Jangan lupa tambahkan keterangan berupa nama keterangan penghargaan atau kenang-kenangan dari lembaga, instansi, atau pribadi yang memberikan. Vandel dengan bahan dasar kayu bekas ini akan terasa ringan jika diangkat, daripada vandel yang terbuat dari bahan dasar keramik.

6. Piala dari Kayu Bekas

Tidak beda jauh dari fungsi vandel, piala ini juga biasanya diberikan untuk penghargaan atas keberhasilan seseorang atau kelompok dalam berkompetisi. Akan tetapi, pada umumnya piala yang digunakan berasal dari bahan dasar plastik yang dipadukan dengan keramik di tengahnya.

Nah, ada kreasi lain untuk membuat piala yang lebih unik, yaitu dengan menggunakan kayu-kayu bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Dengan bahan dasar kayu bekas, piala yang akan dibuat tidak melulu berbentuk seperti piala pada umumnya ya.

Di sini, pembuat piala dari kayu dituntut untuk lebih bisa mengembangkan ide kreatifnya. Seperti apa bentuk piala kayu yang bisa dibuat? Piala kayu ini bisa dibuat dengan bentuk yang lebih bervariasi, bisa disesuaikan dengan jenis kompetisi yang diadakan. Misalnya, seseorang atau kelompok yang menang di kompetisi bola basket. Maka, bentuk piala tersebut bisa dibuat dengan bentuk siluet orang yang sedang bermain basket.

Begitu juga dengan apabila kompetisi yang diikuti adalah badminton, maka pembuat piala bisa menggunakan bentuk siluet orang yang sedang bermain badminton atau cukup dengan bentuk kok-nya saja. Selain tidak terlihat biasa saja, piala ini juga ringan apabila diangkat. Tentunya dengan piala seperti ini, kejuaraan bisa menjadi semakin menarik.   

7. Silhouette dari Kayu

Silhouette yang biasa dijumpai pada umumnya terbuat dari kertas. Kali ini, ada kreasi yang tidak biasa. Ya, silhouette dari kayu. Bagaimana cara membuatnya? Kayu bekas berbentuk seperti triplek dibuat pola silhouette sesuai dengan foto atau gambar yang diinginkan. Kemudian potong pola tersebut dengan teliti agar bentuknya sempurna.

Silhouette ini bisa digunakan untuk pajangan, hadiah wisuda, hadiah pernikahan, atau sekedar hadiah untuk orang-orang tercinta. Dalam pembuatan silhouette ini dibutuhkan ketelitian dalam memotong polanya. Jangan lupa tambahkan penyangga untuk memajang silhouette tersebut.

8. Mouse Pad

Mouse pad memakai kayu? Ya, kini tidak hanya talenan ya yang terbuat dari kayu, melainkan juga sudah merambah ke dunia aksesoris komputer atau laptop, salah satunya mouse pad. Gampang banget cara membuatnya. Dengan hanya bermodal kayu bekas yang berbentuk papan tebal sudah cukup untuk membuat mouse pad.

Namun, jika ditujukan untuk dijual di pasaran, maka ditambah dengan warna juga bisa. Seperti pewarnaan mouse pad dengan warna coklat kayu dan penambahan hiasan berupa kata-kata quote dengan gaya huruf lettering mampu menambah daya tarik calon pembeli. Selain itu, mouse pad ini bisa ditambah hiasan sesuai dengan yang diinginkan.

Itu dia beberapa ide kreatif dari kayu bekas yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Ide di atas bisa lebih dikembangkan sesuai dengan kreasi dan inovasi yang diinginkan. Jika ide-ide tersebut bisa ditekuni dengan sungguh-sungguh, pasti akan menjadi bisnis yang sukses di kemudian hari.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

Acara Reuni Kreatif

Inilah Susunan Acara Reuni Kreatif di Indonesia, Seru Abis

Reuni selalu menjadi momen kumpul-kumpul yang berkesan bagi setiap orang. Untuk menciptakan kesan dan keseruan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *