Beragam Ide Kreatif di Bulan Ramadhan Irit Budget

Bulan Ramadhan tahun 2020 telah dimulai di akhir bulan April ini. Tidak hanya penuh keberkahan serta terbukanya pintu ampunan, tetapi juga terbuka berbagai macam peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Beragam ide kreatif di Bulan Ramadhan juga bermunculan untuk menyambut bulan yang suci ini.

Aneka Ide Kreatif di Bulan Ramadhan yang Irit Budget

Beberapa ide kreatif yang bisa dijadikan usaha saat Bulan Ramadhan dan tentunya tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan budget atau biaya diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjual Makanan dan Minuman Berbuka Puasa (Takjil)

Salah satu hal yang menjadi ciri khas ketika Bulan Ramadhan dan selalu dicari pada waktu menjelang berbuka adalah takjil. Takjil adalah sebutan untuk berbagai macam makanan manis dan minuman segar untuk berbuka puasa sebagai penawar lapar dan dahaga setelah berpuasa sehari penuh. Karena sangat dicari oleh banyak orang, maka menjual aneka macam takjil menjadi pilihan usaha yang menguntungkan di bulan ramadhan.

Tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk memulai bisnis ini. Cukup dengan berjualan makanan atau minuman yang sederhana saja. Misalnya menjual es teh manis, es pisang ijo, sop buah, aneka jus buah, kolak, aneka jajanan pasar, puding, gorengan, pisang goreng, dan aneka panganan khas buka puasa lainnya. Dijamin, setiap menjelang buka puasa pasti takjil-takjil tersebut akan laris manis hingga habis.

2. Membuka Catering untuk Menu Berbuka Puasa dan Sahur

Ketika Bulan Ramadhan, banyak sekali yang tidak sempat memasak, baik untuk berbuka ataupun sahur. Hal ini biasanya menimpa karyawan ataupun mahasiswa yang seringkali sibuk dengan segala kegiatan dan pekerjaannya. Untuk membeli makanan berbuka dan sahur di tempat makan pun biasanya harus menunggu antrian sangat lama.

Nah, kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh kalian yang jago masak enak loh! membuka usaha catering menu buka puasa dan sahur merupakan ide yang sangat cemerlang. Kita bisa menawarkan paket mingguan atau bulanan dengan harga yang disesuaikan dengan menu makanan. Untuk meningkatkan kualitas, berikan juga layanan antar makanan ketika mendekati waktu berbuka puasa atau sahur.

Jangan lupa untuk selalu memadu padankan menu makanan yang berbeda setiap harinya, sehingga pelanggan tidak merasa bosan. Usaha katering di bulan ramadhan memang sangat menjanjikan. Hal ini juga mengingat bahwa pada bulan ini banyak sekali acara buka atau sahur bersama yang diadakan oleh kantor, sekolah, kampus, atau organisasi lainnya. Tentunya, hal ini bisa menambah kesempatan untuk menambah orderan setiap harinya.

3. Menjual Perlengkapan Ibadah

Sebagai bulan suci yang dinanti-nantikan umat muslim untuk mencari keberkahan, tentu saja Bulan Ramadhan menjadikan umat muslim untuk beribadah lebih baik dan lebih khusuk. Selain kebersihan hati yang disiapkan, perlengkapan ibadah juga perlu disiapkan. Maka dari itu, membuka usaha atau bisnis perlengkapan alat sholat menjadi pilihan yang tepat di bulan yang penuh berkah ini.

Pada bulan ramadhan, banyak sekali umat muslim yang memburu perlengkapan ibadah, seperti mukenah, sajadah, sarung, baju koko, kopiah, Al-Quran, dan tasbih untuk menemani ibadahnya selama Bulan Ramadhan. Selain itu, biasanya masyarakat kota juga membelinya sebagai oleh-oleh untuk saudara di kampung halaman. Bahkan, tidak jarang perlengkapan ibadah ini juga diberikan sebagai hadiah THR untuk para karyawan.

Tidak perlu budget yang banyak, kalian bisa menjadi reseller dari toko-toko perlengkapan sholat yang menawarkan harga grosir. Untuk memperluas bisnis ini, sebaiknya penjualan juga dilakukan secara online. Dengan begitu, maka target pasar semakin luas dan keuntungan yang akan diperoleh pun semakin besar.

4. Membuka Usaha Kue Kering dan Parcel Untuk Lebaran

Ketika mendekati waktu lebaran, tentu ada banyak sekali orang yang mencari kue kering dan parcel lebaran untuk menyambung tali persaudaraan. Kue kering sering dijadikan hidangan ketika menyambut tamu yang datang ke rumah untuk bersilaturahmi. Parcel lebaran juga bisa dijadikan oleh-oleh ketika bersilaturahmi.

Untuk itulah, bisnis kue kering saat lebaran juga sangat direkomendasikan. Jadi, bagi kalian yang memiliki keahlian membuat aneka macam kue kering, sebaiknya dimanfaatkan untuk mencari peluang usaha. Setelah melakukan promosi ke teman, tetangga, ataupun media sosial, pasti akan langsung banyak menerima pesanan.

Apalagi kue kering tidak hanya dicari ketika akan lebaran saja, saat awal Ramadhan pun sudah banyak yang mencarinya. Beberapa jenis kue kering yang laris manis di bulan ramadhan adalah nastar, putri salju, kastengel, roti kacang, dan aneka jenis kue kering lainnya.

5. Menjual Busana Muslim dan Pakaian Anak-anak

Tradisi khas Indonesia ketika Hari Raya Idul Fitri adalah menggunakan pakaian baru. Baik itu anak-anak, remaja, maupun orang tua pasti akan menyempatkan diri membeli busana muslim dan dipakai ketika hari raya tiba. Terlebih ketika akan bersilaturahmi ke sanak saudara.

Kesempatan ini wajib dimanfaatkan dengan cara berjualan busana muslim dan pakaian untuk anak-anak. Mulai dari gamis, baju koko, sarung, dan kerudung dengan berbagai model yang cantik dan menarik. Busana muslim ini bisa dijual secara online maupun dijual di rumah. Untuk menghemat modal, kalian bisa mendaftarkan diri sebagai reseller di salah satu supplier pakaian muslim yang menawarkan harga murah.

6. Membuka Usaha Menjahit Pakaian

Dalam berpakaian, tidak semua orang mau membeli pakaian jadi. Entah karena ukuran yang tersedia di toko tidak ada yang pas, atau memang ingin membuat pakaian dengan desain sendiri. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha bagi kalian yang memiliki bakat menjahit. Apalagi, biasanya momen Ramadhan dan lebaran seringkali digunakan untuk membuat pakaian seragam keluarga. Pastinya akan banyak sekali keluarga yang membutuhkan jasa penjahit.

Berbagai macam model pakaian atau seragam keluarga bisa dibuat sesuai keinginan pelanggan. Usaha jahit ini juga bisa dipromosikan melalui media sosial untuk menambah jumlah pelanggan. Biasanya, pesanan jahitan akan terus bertambah mendekati lebaran.

Jika nantinya banjir pesanan, sebaiknya kalian juga merekrut orang untuk membantu menyelesaikan semua pesanan tersebut. Dengan begitu, maka tidak akan kewalahan dalam mengerjakan dan pesanan para pelanggan pun bisa selesai tepat waktu. Kualitas jahitan menjadi kunci utama. Jika hasil jahitan bagus dan berkualitas, pasti mereka akan menjadi pelanggan tetap.

7. Membuka Jasa Penitipan Kendaraan Bermotor

Momen lebaran juga dijadikan banyak keluarga untuk mudik ke kampung halaman. Ada banyak keluarga yang ketika mudik harus menggunakan transportasi umum dan pada akhirnya meninggalkan kendaraan pribadinya. Sebelum Ramadhan berakhir, orang-orang akan sibuk mencari tempat penitipan kendaraan.

Buat kalian yang tidak mudik selama lebaran, bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha jasa penitipan kendaraan bermotor. Tidak perlu biaya yang banyak, kalian hanya perlu menyediakan lahan parkir untuk memarkirkan kendaraan agar tidak kepanasan dan kehujanan. Selain itu, kepercayaan dari pelanggan juga merupakan kunci yang utama agar mereka bisa lebih tenang selama menitipkan kendaraannya ketika sedang pulang ke kampung halaman.

Nah, itulah beberapa ide kreatif di Bulan Ramadhan yang bisa dijadikan usaha dan bisnis. Tentu saja, usaha yang minim budget ini siap memberikan penghasilan yang besar. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan banyak rezeki di bulan ramadhan, karena kesempatan sangat terbuka lebar.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

Acara Reuni Kreatif

Inilah Susunan Acara Reuni Kreatif di Indonesia, Seru Abis

Reuni selalu menjadi momen kumpul-kumpul yang berkesan bagi setiap orang. Untuk menciptakan kesan dan keseruan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *