Tips Mudah Membuat Kreasi Barang Bekas Bernilai Jual Tinggi

(Tokomesin.com)

Barang bekas yang dijual secara kiloan dihargai sangat murah sekali. Bahkan, ada yang dibuang begitu saja. Namun, ternyata barang bekas memiliki nilai yang mahal jika didaur ulang menjadi kreasi barang bekas yang unik. Di tangan orang-orang kreatif, barang bekas bisa menjadi karya seni yang bermanfaat.

Sebenarnya, kerajinan barang bekas sudah populer sejak lama. Selain memberikan nilai ekonomis, pemanfaatan barang bekas ini merupakan upaya penanggulangan penumpukan sampah. Saat ini, sudah banyak ditemui pengusaha kerajinan yang menggunakan barang bekas sebagai bahan utama.

Tips Membuat Kreasi Barang Bekas yang Memiliki Nilai Jual


Menjadi pengrajin barang bekas sebenarnya tidak begitu sulit. Hanya membutuhkan modal teknik dan potensi dalam membuat karya. Tidak jarang, ditemui pengusaha sukses yang berangkat dari barang bekas. Inovasi tidak hanya menonjolkan keindahan, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga : Kreasi Kain Fanel

Lalu, bagaimana cara membuat sebuah karya dari barang bekas yang bernilai jual tinggi? Selain teknik dan potensi, pengrajin atau seniman harus didorong oleh faktor pendukung. Berikut ini faktor pendukung yang dibutuhkan seseorang agar menghasilkan karya yang memiliki nilai:

1. Kreatif dan Inovatif

Kreativitas dapat menuntun seseorang dalam menemukan suatu ide. Sebagai seorang seniman, ide yang dibutuhkan haruslah unik dan menarik. Belum ada yang membuat kerajinan serupa sebelumnya. Ide kreatif seorang biasanya memberikan solusi atau jalan keluar dari masalah yang terjadi pada masyarakat.

Dari ide-ide kreatif ini, muncul suatu produk dari barang bekas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Inilah tugas dan tujuan dari seorang pengrajin atau seniman, menciptakan inovasi terbaru. Seseorang dapat dikatakan sebagai seniman, jika dapat mengubah sesuatu yang biasa menjadi hal sangat luar biasa.

2. Jiwa Seni yang Tinggi

Setiap orang memiliki kemampuan membuat kerajinan tangan. Akan tetapi, tidak semua pengrajin memiliki jiwa seni yang tinggi. Jiwa seni yang dimaksud adalah imajinasi yang tidak biasa. Seseorang yang memiliki jiwa seni cenderung berangan-angan hal yang tidak dipikirkan oleh orang lain.

Salah satu bentuk imajinasi seorang seniman, yaitu tidak membiarkan sampah terbuang begitu saja. Di tangan para pengrajin yang memiliki jiwa seni tinggi, sampah-sampah tak berharga menjadi suatu karya yang patut diacungi jempol.

3. Teliti dan Sabar

Ketelitian dibutuhkan oleh semua profesi, terutama seorang pengrajin dan seniman. Seseorang yang membuat suatu karya harus memiliki ketelitian agar produk yang dihasilkan maksimal. Misalnya, membuat miniatur pesawat dari kardus bekas. Seorang pengrajin harus dapat mengukur skala dengan benar dan tepat. Hal ini dilakukan agar miniatur pesawat benar-benar menyerupai aslinya.

Selain teliti, pengrajin dituntut memiliki kesabaran yang tinggi. Sikap sabar menjadi faktor utama penentu berhasil atau tidaknya suatu karya. Menghasilkan suatu karya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Di dalam proses pembuatan inilah kesabaran dibutuhkan. Tidak hati-hati dan terburu-buru membuat suatu kerajinan tangan tidak terselesaikan. Meskipun selesai, kemungkinan besar hasil karya tidak maksimal.

4. Mengenal Unsur Keindahan

Salah satu peran pengrajin adalah membuat suatu karya dengan tidak mengutamakan fungsi, namun juga tidak meninggalkan nilai estetika. Suatu bentuk karya seni juga akan tergantung pada sentuhan yang diciptakan oleh pengrajin.

Umumnya, konsumen cenderung mengapresiasi suatu karya dari keindahannya. Oleh sebab itu, pengrajin juga harus memahami unsur-unsur dalam seni rupa. Seperti warna, bentuk, garis, dan masih banyak lagi.

5. Menetapkan Fungsi dari Karya yang Akan Dibuat

Selain mengutamakan keindahan, suatu kerajinan harus memenuhi fungsinya. Jadi, unsur yang harus diperhatikan dalam membuat kerajinan, yaitu keindahan, kenyamanan, dan keamanan. Jika suatu kerajinan memenuhi tiga unsur tersebut, besar kemungkinan kerajinan tersebut akan sukses di pasaran.

Inspirasi Kreasi Barang Bekas yang Memiliki Nilai Jual Tinggi


Banyak sekali kerajinan yang dapat dibuat dari barang bekas. Tetapi, tidak semua memiliki nilai seni dan nilai jual yang tinggi. Berikut ini beberapa ide kreatif dari barang bekas yang sukses menarik minat konsumen:

1. Lampu Hias dari Potongan CD Bekas

Memiliki kaset CD yang sudah rusak, sebaiknya jangan dulu dibuang. Barang bekas ini dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan. Banyak kerajinan yang dapat dibuat dari barang bekas ini. Salah satunya, lampu hias dari kepingan-kepingan CD.

Kepingan-kepingan dari CD ini memberikan efek lebih gemerlap. Lampu hias dapat digunakan untuk menghias rumah pada momen perayaan tertentu. Misalnya, hari besar natal, ulang tahun, acara keluarga, dan masih banyak lagu.

Selain digunakan untuk menghias lampu, kepingan CD dapat digunakan untuk hiasan dinding, detail tas, meja kaca, dan lainnya. Kerajinan dari kaset CD bekas memiliki nilai jual yang tinggi karena memang hasilnya memiliki sisi yang menarik dan keunikan tersendiri.

2. Wadah dari Koran Bekas

Koran bekas tidak selalu berakhir menjadi bungkus nasi saja. Banyak masyarakat yang belum tahu bahwa koran memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Barang bekas ini dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Salah satu ide kreatif berbahan dasar koran adalah wadah atau keranjang. Kerajinan ini dapat digunakan sebagai hiasan ruangan atau digunakan untuk menyimpan perlengkapan rumah tangga. Meskipun bentuknya sederhana, kerajinan ini dapat dijual dengan harga yang lumayan mahal.

3. Miniatur dari Kaleng Bekas

Kaleng-kaleng bekas juga memiliki nilai jual yang tinggi. Barang bekas ini dapat digunakan sebagai bahan dasar membuat miniatur. Seperti contohnya, miniatur mobil sport, motor vespa, becak, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, pembuatan kerajinan ini cukup sulit dan rumit. Selain itu, untuk membuat satu miniatur dibutuhkan lebih dari satu kaleng. Misalnya, untuk membuat satu miniatur vespa dibutuhkan kurang lebih 15 kaleng minuman bekas.

Sesuai dengan tingkat kesulitannya, harga paling murah untuk satu miniatur vespa sebesar Rp100.000,00. Pengrajin dapat mengecat ulang miniatur supaya tampak seperti asli, atau tidak melakukan pengecatan untuk mempertahankan gambar asli dari kaleng tersebut.

4. Kalung dari Tutup Botol

Kalung dari tutup botol memang terdengar aneh bagi sebagian orang. Namun, ditangan orang yang tepat dan memiliki jiwa seni yang tinggi kalung ini bisa terlihat unik dan memiliki nilai jual yang menjanjikan.

Bagian tutup botol yang menjadi liontin akan ditambahkan hiasan agar lebih menarik. Caranya adalah dengan melukisnya dengan cat air dengan berbagai bentuk sesuai selera. Kunci keindahan dari kreasi ini adalah dari lukisan yang ada pada tutup botol tersebut, jadi saat membuatnya memang diperlukan ketelitian yang sangat tinggi.

5. Pot Tanaman Karakter dari Botol Bekas

Kerajinan dari botol bekas dapat dibilang sangat banyak. Pemanfaatan yang paling sering adalah pot bunga. Tetapi, pot dari botol bekas yang satu ini berbeda dari yang lainnya. Botol bekas dapat digunakan sebagai pot karakter yang lucu. Untuk membuat pot karakter dapat menggunakan spidol permanen atau paint pen. Gambar karakter yang dibuat juga beragam, seperti kartun kucing, anjing, kelinci, dan lainnya.

Demikian tips dan beberapa contoh kreasi barang bekas yang dapat dijadikan inspirasi. Membuat kerajinan sebenarnya mudah, asalkan memiliki niat dan tekad yang kuat. Kreativitas, imajinasi, ide, dan unsur lainnya dapat diasah melalui latihan secara rutin. Jadi, tidak ada alasan untuk membiarkan barang bekas begitu saja, karena semua bisa diolah menjadi bisnis yang menguntungkan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Extraordinary Man!

Check Also

Kreasi Cat Tembok

Trik Simple Membuat Kreasi Cat Tembok Paling Keren Tahun 2020

Mengganti cat tembok merupakan salah satu upaya untuk mengganti suasana rumah agar lebih segar. Menciptakan …