kreasi kain flanel

Tutorial Kreasi Kain Flanel yang Bisa Kamu Gunakan Sehari-hari

Salah satu jenis kain yang dapat diubah menjadi berbagai bentuk kreasi unik dan lucu adalah kain flanel. Peminat kreasi kain flanel juga terbilang masih sangat banyak. Cara membuatnya yang mudah dan bahan yang diperlukan juga murah menjadi alasan utama mengapa kreasi kain ini sangat diminati.

Macam Kreasi Kain Flanel yang Patut Dicoba


Berikut ini adalah tutorial membuat kreasi kain flanel yang sangat mudah dan dapat dicoba di rumah:

1. Hiasan Taplak Meja

Saat ini, taplak meja hadir dengan berbagai macam bentuk dan motif. Bentuk dan motif ini menambah nilai estetika suatu ruangan. Salah satu motif yang dapat membuat ruangan tampak cantik, yaitu taplak dengan hiasan dari kain flanel.

Hiasan taplak meja dari kain flanel sendiri memiliki banyak pilihan. Nah, yang akan dibahas kali ini adalah hiasan taplak meja yang berbentuk kupu-kupu. Wah, tentu sangat lucu bukan?

Baca Juga : Macam-Macam Kreasi Unik Terbaru

Sebelum memulai proses pembuatan, siapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti kain untuk dasar taplak (bisa menggunakan kain katun, polyester, vinyl, atau sutra), kain flanel dengan pilihan warna bebas sesuai selera, kawat chenille (kawat yang dilapisi bulu lembut), gunting, lem tembak, serta jarum pentul.

Proses pembuatannya sangat mudah. Pertama, ambil dua lembar kain flanel dan variasi warna berbeda. Masing-masing digunting membentuk lingkaran kecil dan lingkaran besar. Misalnya, memilih warna kain flanel kuning dan biru. Lingkaran kuning lebih besar dari lingkaran biru atau pun sebaliknya.

Satukan dua lembar kain flanel yang sudah membentuk lingkaran tersebut menggunakan jarum pentul. Caranya yaitu dengan mengerutkan bagian tengah sampai hampir menyerupai sayap kupu-kupu. Lalu, lepaskan jarum pentul secara perlahan. Tahan kerutan kain menggunakan tangan supaya tidak rusak, kemudian lilit bagian kerutan menggunakan kawat chenille.

Sisa dari kawat chenille dapat digunakan sebagai antena kupu-kupu. Selesai, hiasan kupu-kupu dari kain flanel sudah jadi. Sangat mudah bukan? Selanjutnya, buatlah beberapa hiasan kupu-kupu dengan cara yang sama dengan jumlah sesuai kebutuhan. Ukuran kupu-kupu juga bisa dibuat sesuai dengan selera.

Nah, sekarang saatnya membuat taplak meja yang dihiasi dengan kupu-kupu yang sudah dibuat sebelumnya. Bagaimana caranya? Pertama, potong kain sesuai dengan ukuran meja Jangan lupa, pastikan pinggiran kain sudah dijahit tepi neci atau double line.

Lalu, letakkan hiasan kupu-kupu secara bebas, bisa diletakkan di ujung-ujung taplak atau menyebar di bagian tengah. Tahap ini bisa bebas dikreasikan sesuai dengan selera masing-masing. Selanjutnya, tempelkan hiasan kupu-kupu menggunakan lem tembak. Taplak meja dengan hiasan kupu-kupu dari kain flanel ini bisa langsung diletakkan pada meja, sehingga semakin cantik penampilannya.

2. Tempat Pensil

Kotak pensil atau tempat pensil memiliki banyak kegunaan. Desain dan model kotak pensil juga sangat beragam. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun juga menyukai tempat pensil yang memiliki motif unik.

Ingin mencoba membuat kotak pensil dari kain flanel sendiri di rumah? Tentu saja bisa. Nah, langkah pertama tentu saja menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, di antaranya adalah kain flanel dengan pilihan warna sesuai selera, kancing berukuran sedang, kain pita berwarna bebas dan berukuran kurang lebih 30 cm, benang warna senada dengan kain flanel yang dipilih, serta jarum.

Baca Juga : Macam-Macam Kreasi Origami Terbaru

Jika semua bahan sudah disiapkan, langsung saja mulai membuat kreasi kotak pensil dari kain flanel. Pertama, gunting kain flanel menjadi dua, masing-masing ukurannya berbeda. Potongan kain yang pertama disesuaikan dengan ukuran peralatan tulis, jangan lupa melebihkan kurang lebih 1 cm.

Potongan yang lain lebih lebar sekitar 10 cm dari potongan kain yang pertama. Untuk panjangnya, kedua ukuran kain disamakan. Gabungkan kedua kain dengan cara menjahitnya. Jahit menggunakan tusuk feston supaya tampak lebih bermotif.

Pasang kancing pada bagian yang lebih pendek. Kancing berfungsi sebagai tempat pengait. Sehingga pastikan, posisi kancing masih dapat dijangkau oleh bagian kain yang panjang. Kancing dapat dijahit dengan motif bebas, asalkan kuat dan tidak mudah lepas.

Untuk pengaitnya, gunakan pita kain. Tempelkan pita di bagian atas belakang pada kain yang lebih panjang. Bisa ditempelkan menggunakan lem atau dijahit. Selesai, tempat pensil sudah dapat digunakan.

3. Sling Bag

Bagi yang hobi mengoleksi tas, terutama sling bag, sebaiknya mencoba membuat kreasi sling bag sendiri menggunakan bahan kain flanel. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sling bag adalah kain flanel dengan warna sesuai selera, gunting, kertas karton, alat tulis seperti pensil, pulpen, atau spidol, jarum jahit, pita, dan juga penggaris. Jika semua bahan sudah siap, maka langsung saja memasuki proses pembuatan sling bag.

Langkah pertama adalah membuat pola sling bag yang diinginkan. Misal, ingin membuat ukuran tinggi 20 cm, lebar 15 cm, dan tinggi penutup 10 cm. Lalu, Potong kain flanel sesuai dengan sketsa yang dibuat. Untuk talinya, bisa menggunakan kain flanel atau bahan lain. Seperti contohnya, pita atau rantai. Sebaiknya, pilih bahan yang paling kuat.

Selanjutnya adalah menjahit kain flanel. Gunakan pola jahit melingkar agar terlihat lebih rapi. Ulangi jahitan supaya lebih kuat. Lalu, jahit cover tas tujuannya untuk menutupi bekas jahitan yang sebelumnya. Gunakan cover dengan warna yang berbeda, tujuannya adalah untuk memberikan kesan detail keindahan pada tas.

Supaya tas dapat menahan beban berat, lapisi bagian bawah menggunakan karton. Sling bag buatan sendiri sudah selesai dibuat. Tentu sangat menyenangkan bisa membuat sling bag dengan warna dan bentuk yang lucu sesuai dengan selera. Dan tentunya, tidak akan ada orang lain yang akan memiliki sling bag yang sama.

4. Tempat Kacamata

Cara membuat tempat kacamata hampir sama dengan cara membuat tempat pensil. Bedanya, tempat kacamata lebih kecil sesuai dengan ukuran kacamata pada umumnya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat kacamata flanel antara lain kain flanel dengan warna sesuai keinginan, benang, jarum jahit, kancing, dan gunting.

Nah, langkah pertama membuat tempat kaca mata adalah memotong kain flanel menjadi dua bagian, dengan lebar sama dan salah satu potongan lebih panjang dari potongan yang lain. Buat lengkungan di salah satu sisi pada potongan kain yang lebih panjang. Lalu, jahit kedua sisi kain flanel menggunakan pola tusuk feston. Usahakan jahitan terlihat rapi. Tempelkan kancing di bagian potongan yang lebih pendek. Kemudian, bagian yang lebih panjang, buat lubang untuk kancing.

5. Keychain (gantungan kunci) Kain Flanel

Gantungan kunci dengan warna, motif, dan bentuk yang lucu juga dapat dibuat dengan menggunakan kain flanel sebagai bahan utamanya. Cara membuat kreasi flanel yang satu ini juga terbilang mudah. Kita hanya perlu menyiapkan kain flanel dengan berbagai warna dan ukuran sesuai selera.

Baca Juga : Macam-Macam Kreasi Barang Bekas

Selanjutnya, gunting kain flanel tersebut sesuai bentuk yang diinginkan misalnya bentuk bunga. Jika sudah selesai tinggal tambahkan kain flanel lagi sebagai lapis kedua namun dengan warna yang berbeda. Setelah itu tambahkan gantungan kunci di bagian ujung kain sebagai penutup.

Itulah beberapa kreasi kain flanel yang dapat ditiru dan dibuat sendiri di rumah. Jenis kain ini memiliki tekstur lembut jadi nyaman saat digunakan. Kain flanel juga mudah dibentuk, sehingga dapat kreasikan sesuka hati. Yuk, coba sekarang juga!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Extraordinary Man!

Check Also

Kreasi Sosis untuk Dijual

Anti Gagal, Ikuti Tips Sukses Kreasi Sosis untuk Dijual Laris Manis

Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk bisnis makanan adalah Sosis. Sosis merupakan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *