Aneka Kreasi Kain Perca, Murah, Mudah dan Tetap Kece

(Villiotifashioninstitute.co.za)

Untuk para penjahit atau yang bergelut di industri semacam konveksi (pakaian), pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kain perca. Kain perca ini merupakan kain potongan sisa-sisa dari jahitan yang tidak terpakai lagi.

Biasanya, kain ini dibiarkan begitu saja menumpuk dan menjadi gunungan sampah sebagai limbah tekstil. Eits, tapi jangan salah. Walaupun kain perca tidak berguna lagi dalam membuat pakaian, kain ini masih berguna dalam hal lain dan bisa dimanfaatkan lagi loh! Ada banyak sekali jenis kerajinan atau kreasi kain perca, mulai dari yang sederhana sampai ke yang rumit.

Mulai dari yang hanya berfungsi sebagai hiasan sampai yang bisa digunakan dan dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari. Apa saja kreasi dari kain perca yang murah, mudah tapi tetap kece? Simak penjelasannya berikut ini.

Aneka Kreasi Kain Perca Paling Kece

Sampai saat ini, sebagian orang tidak terlalu memperdulikan dan tidak tertarik akan keberadaan kain perca. Padahal, kain ini murah dan mudah sekali untuk didapatkan.

Akan tetapi, di tangan orang yang memiliki kreativitas tinggi, kain perca bisa disulap menjadi berbagai kreasi yang mengagumkan. Selain itu, pemanfaatan kain perca juga bisa menjadi salah satu langkah dalam mengurangi penumpukan sampah atau limbah tekstil yang sulit terurai.

Kerajinan atau kreasi dari kain perca memiliki daya tarik pada penggabungan motif dan warna serta memiliki nilai seni yang tinggi. Jadi, selain memiliki nilai guna, kreasi kain perca juga memiliki nilai estetika.

Banyak sekali coNtoh-contoh kreasi unik yang memiliki motif lucu. Berikut beberapa kreasi dari kain perca yang murah dan mudah dibuat.

1. Bantal Motif Kain Perca

Salah satu kerajinan yang bisa dibuat dari sisa potongan jahitan adalah bantal. Sebagai benda yang biasa digunakan setiap hari, tentunya penggunaan sarung bantal yang itu-itu saja akan memunculkan kebosanan. Untuk itu, penggunaan kain perca bisa menjadi salah satu pilihan dalam membuat bantal.

Bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan, diantaranya adalah kain perca, gunting, jarum jahit dan benang, penggaris, busa bekas, resleting, dan aksesoris tambahan lain seperti pita atau kancing.

Baca Juga : Macam-Macam Kreasi Unik

Langkah pertama dalam membuat bantal adalah mengukur kain sesuai ukuran yang diinginkan. Jika mengikuti ukuran bantal pada umumnya, bisa menggunakan ukuran 30 x 30 cm dalam bentuk persegi. Kain perca juga bisa dibagi menjadi dua sampai empat bagian dengan motif yang berbeda.

Kemudian jahit ketiga sisi kain perca membentuk sarung bantal dan sisakan bagian atas untuk mengisinya dengan busa. Isi sarung bantal dengan busa, setelah dirasa isian bantal cukup, jahit resleting di bagian atas tadi.

Agar bantal lebih menarik, bisa juga ditambahkan hiasan seperti pita atau kancing. Bantal motif sudah bisa digunakan. Selain menarik, bantal motif dari kain perca ini mudah sekali dibuat bukan?

2. Tas Kain

Kreasi lain dari kain perca ini adalah tas kain yang unik dan menarik. Jika biasanya tas kain memiliki corak batik, kain dengan corak dan motif yang berbeda juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tas. Bahan lain yang dibutuhkan dalam membuat tas adalah benang, jarum jahit, resleting, kain kapas, dan flanel.

Langkah pertama yang dilakukan adalah menggunting kain perca sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kain kapas juga digunting mengikuti ukuran kain perca tadi.

Selanjutnya, kain perca dan kain kapas disatukan dengan cara dijahit agar kain lebih kaku. Setelah itu, jahit dan bentuk kain menjadi tas, pasang resleting di bagian atas tas.

Jangan lupa untuk membuat juga tali tasnya. Agar tas lebih menarik, tambahkan juga hiasan dari kain flanel dalam bentuk bunga atau bentuk lainnya. Tas kain sudah siap digunakan. Bagaimana? Tidak sulit kan cara pembuatannya? Memiliki tas hasil buatan tangan sendiri pasti sangat menyenangkan bukan?

3. Taplak Meja dan Tatakan Gelas

Kreasi lain dari kain perca adalah taplak meja dan tatakan gelas. Kerajinan ini bisa membuat meja menjadi lebih cantik dan menarik. Taplak meja ini bisa menggabungkan berbagai motif dan warna yang dibuat dengan pola seperti zig-zag atau pola menarik lainnya.

Bahan yang dibutuhkan selain kain perca adalah benang, gunting, dan jarum jahit. Pertama, gunting kain perca sesuai dengan pola dan bagian yang diinginkan, kemudian jahit sesuai dengan pola sampai membentuk taplak meja. Proses penjahitan bisa dilakukan dengan mesin atau secara manual.

Baca Juga : Macam-Macam Kreasi Origami

Selain taplak, kain perca juga bisa dibuat menjadi tatakan gelas. Bahan dan cara yang dilakukan sama seperti membuat taplak, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil dengan bentuk yang lebih bervariasi.

Agar taplak meja ataupun tatakan gelas lebih berisi, keduanya bisa dilapisi lagi pada bagian belakangnya menggunakan kain putih dan di bagian tengahnya menggunakan cotton batting. Taplak meja cantik sudah siap memberikan kesan estetik di ruangan.

4. Keset Kain

Kain perca juga bisa berguna untuk menjaga kebersihan ruangan dengan membuatnya menjadi keset. Keset juga bisa dibentuk sesuai keinginan dengan pola dan motif yang berbeda-beda.

Bahan yang diperlukan adalah kain perca, kain furing, kain yang lumayan tebal, benang, gunting, dan jarum jahit, atau bisa juga menggunakan mesin jahit.

Langkah pertama adalah memotong sisa kain atau kain perca dalam ukuran 10 x 10 cm atau bisa juga dengan ukuran yang sesuai keinginan. Kemudian, potongan kain tadi dilipat secara diagonal, sehingga membentuk segitiga. Ujung segitiga tersebut dilipat lagi sampai dengan dua kali lipatan.

Selanjutnya, jahit kain tadi agar lipatan tidak berubah. Buat bagian kain perca ini sebanyak mungkin. Langkah berikutnya adalah membuat alas, alas bisa dibuat menjadi bentuk yang bermacam-macam, bisa bulat, oval, kotak, atau bentuk lainnya. Alas terbuat dari kain furing di bagian bawah dan kain yang lumayan tebal di atasnya.

Satukan kedua kain tersebut dengan cara dijahit. Langkah terakhir adalah menggabungkan kain perca dan alas dengan cara dijahit. Lipatan kain perca dijahit sesuai dengan pola alas yang telah dibuat. Keset sudah siap digunakan. Mudah sekali bukan?

5. Dekorasi Gantung Untuk Ruangan

Untuk menghias ruangan menjadi lebih menarik, tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli dekorasi gantung. Cukup dengan memanfaatkan kain perca saja, ruangan bisa terlihat lebih cantik. Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat dekorasi gantung adalah kain perca, gunting, benang rajut wol atau tali, dan jarum kasur.

Baca Juga : Macam-Macam Kreasi Barang Bekas

Langkah pembuatannya adalah dengan menggunting kain perca dengan pola dan bentuk sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian jahit kain perca tadi. Tambahkan aksesoris lain pada gantungan agar lebih menarik. Pasang tali pada dekorasi, kemudian gantung untuk menghiasi ruangan.

Nah, itulah beberapa kreasi kain perca yang bisa dibuat di rumah untuk mengisi waktu luang. Masih banyak lagi contoh kreasi kain perca yang dapat dikembangkan.

Gali terus kreativitas dan ingat selalu untuk memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi agar bisa mengurangi sampah yang menumpuk ya! Tetap kreatif dan menjaga lingkungan. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Extraordinary Man!

Check Also

Kreasi Cat Tembok

Trik Simple Membuat Kreasi Cat Tembok Paling Keren Tahun 2020

Mengganti cat tembok merupakan salah satu upaya untuk mengganti suasana rumah agar lebih segar. Menciptakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *