Inilah Kreasi Nasi Tumpeng untuk Lomba Dijamin Menang Terus

(Portalindonesia.co.id)

Pada setiap perayaan seperti cara perayaan kebudayaan, syukuran seperti khitanan, pernikahan, tujuh bulanan, perayaan ulang tahun, perayaan kemerdekaan 17 Agustus tasyakuran lainnya, pasti mudah sekali ditemui yang namanya nasi tumpeng.

Bahkan, ada perlombaan kreasi nasi tumpeng yang sering diadakan dalam acara atau perayaan tertentu. Selain cita rasa nasi tumpeng, kreativitas dan imajinasi menjadi kunci utama untuk memenangkan perlombaan ini.

Berbagai Tema Kreasi Nasi Tumpeng yang Unik dan Menarik

Seringkali perlombaan nasi tumpeng ini hanya didominasi oleh tema yang sudah umum seperti nasi tumpeng kerucut. Padahal, sebenarnya masih banyak tema kreasi lain yang bisa memperbesar peluang untuk menang dalam perlombaan nasi tumpeng loh!

1.  Tema Anak-anak

Nasi tumpeng juga menjadi jenis kudapan yang sangat diminati oleh anak-anak. Cita rasa nasi tumpeng yang cenderung tidak pedas, dan adanya berbagai lauk lezat dan menarik tentu sangat disukai anak-anak. Ketika mengikuti lomba, kita bisa menggunakan tema anak untuk membuat tampilan nasi tumpeng menjadi lebih unik dan menarik.

Baca Juga : Kreasi Cat Tembok Terbaru

Pada prinsipnya, menu sajian yang ada di nasi tumpeng akan sama seperti pada umumnya. Akan tetapi, untuk membuatnya lebih menarik bisa menambahkan berbagai ornamen yang disukai oleh anak-anak. Bisa juga membentuk nasi tumpeng dengan bentuk yang lucu.

Seperti menggunakan cetakan berbentuk kelinci, beruang dan sebagainya. Dari segi citarasa, sebaiknya kurangi intensitas rasa pedas yang biasanya akan melekat pada hidangan nasi tumpeng untuk lebih menyesuaikan dengan selera anak-anak.

2. Tema Bunga-bunga

Bunga-bunga selalu menjadi tema yang menarik untuk apa saja, termasuk nasi tumpeng. Ketika mengikuti lomba, kreasi nasi tumpeng bunga bisa menjadi andalan karena keunikan dan keindahannya.

Untuk memberikan ornamen bunga yang cantik, bisa dilakukan dengan mengubah berbagai sayur seperti timun dan tomat ke dalam bentuk bunga berkelopak. Nasi yang menjadi fokus utama juga dapat dibentuk menjadi bunga dengan ukuran yang besar. Tentu saja proses ini harus menggunakan cetakan atau loyang yang berukuran besar.

Cara membuat ornamen bunga dari jenis sayur tersebut juga terbilang mudah. Hanya perlu menyiapkan pisau dengan berbagai ukuran dan sayur dibutuhkan misalnya tomat.

Setelah itu, mulai ukir tomat yang ada menjadi bentuk bunga yang indah. Jika sudah, gunakan ornamen bunga yang telah dibuat sebagai penghias di sekeliling nasi dan lauk pauk pendamping nasi tumpeng.

3. Tema Ulang Tahun

Kreasi nasi tumpeng yang selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat suasana ulang tahun. Tema ini menjadi tema yang juga sering dipilih karena mudah dalam pembuatannya dan pasti dijamin unik. Semua kudapan yang menjadi inti dari nasi tumpeng tetap dihadirkan sama seperti biasa.

Namun, sebagai pembeda bisa membentuk nasi yang berada di tengah nampan seperti cake ulang tahun yang umumnya berbentuk 2 lingkaran yang ditumpuk. Setelah berbentuk seperti cake, barulah menu olahan lain seperti urap, ayam, dan lalapan disusun mengitari cake nasi tersebut.

Sebagai pemanis, juga bisa menambahkan ornamen cabai yang dibentuk seperti bunga dan ditancapkan di bagian atas cake nasi. Ini akan terlihat seperti lilin yang menyala dan menunggu untuk ditiup. Tentunya kreasi ini akan terlihat sangat manis dan unik.

4. Tema Kemerdekaan

Untuk menyesuaikan dengan tema kemerdekaan, nasi bisa dibuat dengan warna merah dan putih. Nasi dibuat secara bertingkat dengan dasar berwarna putih, kemudian di atasnya berwarna merah, dan di atasnya lagi berwarna putih sampai beberapa tingkat. Nah, pada bagian paling atas, nasi dibentuk kerucut kecil dengan warna merah.

Lauk pelengkap di sekitar nasi tumpeng disusun dengan memperhatikan komposisi warna agar terlihat lebih menarik. Tomat, wortel, dan cabai bisa dibentuk bunga sebagai hiasan pelengkap di antara lauk pauk dan di atas setiap tingkatan nasi.

Susun semua lauk dan nasinya dengan rapi dan jangan sampai berantakan. Untuk sentuhan akhir, bisa menambahkan ornamen bendera merah putih kecil yang diletakkan di sekeliling nasi tumpeng.

5. Tema Perkebunan

Pada nasi tumpeng tema kebun ini, nasi yang digunakan adalah nasi kuning yang juga disusun secara bertingkat dengan bentuk kerucut kecil di bagian atasnya. Sebagai lauknya lebih banyak menggunakan lauk dengan komposisi warna yang cerah dan menarik.

Baca Juga : Kreasi Sosis Untuk DiJual Terbaik

Sayuran seperti tomat, wortel, timun, dan cabai dibuat membentuk bunga-bunga untuk menambah kesan perkebunan, ditambah lagi dengan sayuran hijau. Hiasan nasi tumpeng juga bisa ditambahkan dengan bentuk burung yang terbuat dari telur ayam dan telur puyuh yang direbus.

6. Tema Ceria

Untuk nasi tumpeng dengan tema ceria ini, bisa menggunakan nasi kuning yang dibentuk kerucut besar. Di sekeliling nasi diberikan berbagai macam ornamen dari lauk-pauk dengan memperhatikan komposisi warnanya.

Seperti bunga yang terbuat dari wortel, cabai, tomat, dan timun. Burung yang terbuat dari telur puyuh dan telur ayam yang direbus.  Lauk pelengkapnya juga disusun secara rapi di sekitar nasi.

7. Nasi Tumpeng Tema Vegetarian

Kreasi nasi tumpeng untuk lomba juga dapat dilakukan dengan tema vegetarian. Saat ini gaya hidup vegetarian bukan menjadi hal baru di Indonesia. Tidak jarang orang menghindari makan nasi tumpeng karena lauk pauknya yang dianggap terlalu berat karena mengandung banyak olahan daging.

Namun, nasi tumpeng juga dapat diolah dengan tema vegetarian yang tentunya akan lebih menyehatkan. Cara untuk membuat kreasi nasi tumpeng vegetarian ini sebenarnya hampir sama dengan nasi tumpeng pada umumnya, hanya saja kita harus mengganti lauk pauk yang terbuat dari daging dengan pilihan menu lain.

Seperti misalnya mengganti ayam dan ikan goreng dengan stik tempe yang dimodifikasi seperti stik dari daging sapi. Tentunya hal ini akan sangat disukai oleh para vegetarian. Selain lebih sehat, cita rasa dari nasi tumpeng juga akan tetap terjaga.

8. Tema Olahraga

Tema kreasi nasi tumpeng yang terakhir adalah tema olahraga. Kreasi nasi tumpeng yang satu ini juga akan sangat cocok disajikan dalam berbagai lomba seperti hari kemerdekaan dan perlombaan lainnya.

Suasana olahraga di nasi tumpeng dapat dihadirkan dengan bentuk nasi yang dibuat menjadi berbagai benda yang berkaitan dengan olahraga seperti bola misalnya. Nasi tumpeng yang berbentuk bola kemudian dapat dihias sesuai selera. Pilihan lauk yang digunakan juga tidak menjadi masalah.

Baca Juga : Kreasi Masakan dari Telur Terbaik

Kunci dari tema kreasi nasi tumpeng ini adalah adanya suasana sporty. Jadi, selama sudah ada perwakilan olahraga dalam nasi tumpeng tersebut, maka pilihan lauk dan ikan yang digunakan juga dapat berbeda-beda dan disesuaikan dengan selera masing-masing. Dengan kreasi unik ini, dijamin peluang menang dalam lomba nasi tumpeng juga akan terbuka semakin lebar!

Nah, itulah beberapa kreasi nasi tumpeng yang bisa dijadikan referensi ketika mengikuti lomba agustusan. Selain kemampuan memasak agar menghasilkan rasa yang benar-benar lezat, tetap saja kreativitas juga diperlukan agar menghasilkan nasi tumpeng yang cantik, unik, dan menarik.

Jadi, jangan sampai membuat kreasi yang biasa-biasa saja. Untuk bisa keluar menjadi pemenang lomba kreasi tumpeng, maka diperlukan kreativitas yang tinggi.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Extraordinary Man!

Check Also

Kreasi Sosis untuk Dijual

Anti Gagal, Ikuti Tips Sukses Kreasi Sosis untuk Dijual Laris Manis

Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk bisnis makanan adalah Sosis. Sosis merupakan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *