Inspirasi Ide Kreatif Anak TK Paling Unik Gampang Ditiru

Anak TK memang identik dengan aktivitas yang menyenangkan dan penuh dengan kreasi serta imajinasi. Usia anak TK yang sedang dalam masa golden age juga membuat kreativitas mereka sangat tinggi pada masa ini. Oleh karena itu, ada banyak kegiatan kreatif anak TK yang bisa dilakukan dan ditiru untuk melatih kemampuan motorik, kognitif, dan tingkat kreativitas anak.

Inspirasi Kegiatan Kreatif Anak TK Paling Unik untuk Dicoba

Tidak harus selalu dilakukan di sekolah, ada berbagai kegiatan menarik untuk stimulasi dan perkembangan otak anak TK yang juga bisa dilakukan di rumah. Dengan memanfaatkan berbagai macam media seperti kertas, tisu, dan benda-benda alami lainnya kegiatan kreatif ini dijamin sangat menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Berikut ini merupakan inspirasi kegiatan kreatif anak TKyang ada di Indonesia:

1. Membatik dengan Tisu Menggunakan Teknik Pola Titik-titik

Indonesia sangat terkenal dengan hasil seninya berupa batik. Berbagai daerah memiliki khasnya masing-masing untuk menghasilkan karya batik yang menarik. Mulai dari teknik celup, teknik ikat, teknik cetak, hingga teknik gambar dengan pola menjadikan batik semakin digemari hingga ke mancanegara.

Seni rupa yang diajarkan sejak usia dini, memberikan manfaat yang baik, diantaranya: dapat melatih motorik halus, melatih kesabaran, melatih untuk tetap fokus, mengenal beraneka macam warna. Seni membatik dengan bahan tisu, mudah untuk dilakukan kembali saat anak-anak ingin mencoba di rumah. Para orang tua, dapat membantu melipat tisu menjadi bentuk segitiga. Kemudian, mereka dapat mulai menggambar titik-titik di atas tisu sesuai pola yang diinginkan.

Mengajarkan cara menggambar batik dengan pola ini, selain berguna untuk mengenalkan budaya di Indonesia, mampu mengembangkan potensi maupun kreativitas seseorang. Apalagi, bila anak kalian memiliki kemampuan seni yang sangat tinggi dibandingkan anak seusianya. Tentu sangat disayangkan, bila potensi yang dimiliki tidak terlihat bahkan sampai terpendam hingga beranjak dewasa.

2. Menggambar Api dengan Cetakan Tangan

Ada cara lain yang diajarkan kepada anak-anak oleh gurunya di Taman Kanak-kanak dalam hal cetak tangan atau hand print. Membuat sebuah api dari cetakan tangan. Memangnya bisa? Tentu bukan api sungguhan ya, hanya berupa gambar bentuk api saja.

Cara pembuatannya dimulai dengan memotong origami berwarna coklat menjadi bentuk balok-balok kayu kecil. Kemudian, disiapkan kertas HVS di atas meja. Hasil potongan origami, ditempelkan di atas kertas HVS. Siapkan sebatang lidi yang diberi kapas membentuk bulatan lonjong kecil pada bagian ujung lidi. Selanjutnya, masukkan pewarna makanan berwarna merah, kuning dan oranye kedalam mangkuk dan beri air secukupnya. Lalu, arahkan tangan ke dalam mangkuk untuk dicap pada kertas. Posisikan cap tangan berada diatas potongan origami berbentuk balok. Terakhir, tempelkan ujung batang lidi yang telah ditempelkan dengan kapas di bagian atas bara api.

3. Menggambar Hewan Menggunakan Daun Kering

Daun kering yang kerap jatuh di depan halaman, sangat mengganggu pemandangan. Sering kali pemilik rumah menyapu dedaunan tersebut kemudian membakarnya. Namun, daun kering, memiliki berbagai manfaat seperti: diubah menjadi kompos organik dan dijadikan sebuah karya seni.

Cara memanfaatkan daun kering sebagai alat peraga anak-anak untuk berkreasi. Pertama-tama siapkan kertas origami berwarna. Lalu, gambar hewan di atas kertas origami. Selanjutnya, anak-anak bebas mendesain karyanya supaya hewan terlihat lebih hidup dan cantik. Jika para orang tua sangat mengagumi hasil karya hewan tersebut, kertas origami yang telah selesai delaminating dan digantung di dinding rumah masing-masing.

Dengan menggunakan media daun kering ini, anak-anak juga bisa belajar untuk lebih mengenal bagaimana struktur dan bentuk daun yang ada disekitarnya. Tentunya hal ini sangat baik untuk perkembangan motorik serta visualnya.

4. Membuat Laba-laba dan Sarangnya

Beberapa anak kecil takut dengan hewan laba-laba. Selain laba-laba memiliki ukuran yang bervariasi, hewan ini dapat bergerak dengan cepat dan membuat benang-benang halus sebagai sarang serta perangkap hewan-hewan kecil lainnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu menghilangkan rasa takut yang dimiliki oleh anak mereka terhadap hewan satu ini, dapat mengajarkan cara menggambar laba-laba mungil.

Berikut beberapa cara yang dilakukan untuk membuat kreasi laba-laba, diantaranya: menggambar garis jaring-jaringnya, lalu gambarlah bentuk laba-laba (dapat menjiplak dari majalah atau buku bergambar hewan-hewan). Kemudian, beri lem pada bagian gambar jaring dengan bantuan tusuk gigi mulai dari bagian terdalam gambar.

Selanjutnya, tempelkan benang wol dari bagian dalam jaring secara perlahan-lahan. Setiap selesai satu garis jaring, jangan lupa dipotong benang wol yang berlebih. Tahap paling akhir adalah menempelkan bentuk laba-laba di atas jaring tersebut.

Setelah selesai, anak-anak dapat merasakan perbedaan pandangan terhadap hewan laba-laba. Selain itu, gambar yang telah selesai dibuat, dapat dipajang sebagai dekorasi ruangan. Menarik bukan? silahkan dicoba di rumah masing-masing.

5. Membuat Bentuk Rumah Diatas Blok Warna

Rumahku adalah surgaku. Perumpamaan ini banyak diselipkan ke dalam sebuah hiasan dinding, hiasan meja atau gantungan di depan pintu. Blok warna berarti menutupi keseluruhan tempat atau layout yang digunakan untuk menggambar dengan warna yang diinginkan. Anak-anak dapat memilih satu warna atau beragam warna campuran yang dapat dijadikan sebagai latar belakang gambar rumah yang akan dibuat.

Langkah pertama, menyiapkan kertas berwarna putih baik itu karton maupun HVS diatas meja. Kemudian, setelah semua kertas tertutupi oleh warna, siapkan lidi atau pulpen yang sudah tidak ada tintanya, sebagai alat untuk membuat efek blur putih diatas kertas. Ajarkan kepada si kecil untuk tidak terlalu kuat menekan nya saat membuat efek blur putih tersebut. Bila terlalu ditekan, khawatir kertas akan bolong atau robek.

6. Pemandangan Alam dari Bahan-bahan Alami

Anak-anak, sering kali ketika melakukan aktivitas diluar ruangan, bermain dengan pasir atau tanah yang ditemukan di area bermain. Jangan pernah takut kotor karena bermain di luar, biarkan anak kecil melakukan hal yang mereka sukai supaya menjadi pribadi yang ceria serta dapat mengatasi masalahnya sendiri di kemudian hari. Loh, memangnya ada hubungannya? Tentu saja, anak-anak yang sering dilarang ini itu mereka kerap manja dan mudah takut bila bertemu dengan orang-orang yang baru ditemui.

Cara membuat kreasi yang satu ini, selain mudah dan murah, anak-anak bisa bereksperimen sesuai kehendaknya. Pertama, disiapkan karton atau kertas gambar yang tebal, lalu rekatkan kedua kertas dengan lem. Kemudian, taburkan pasir, bata bubuk, kapur dan lainnya. Kemudian, mulai gambar di atas taburan tersebut dengan ujung pensil atau lidi. Pasir yang digunakan sebaiknya pasir halus hasil ayakan.

Itu dia beberapaide kegiatan kreatif anak TK. Kreasi anak-anak memang tidak ada habisnya. Selain bahan-bahan yang dibutuhkan mudah untuk didapatkan, para orang tua tidak khawatir anak mereka akan bermain di luar ke tempat yang jauh dari jangkauan pengawasan. Beberapa ulasan yang telah diberikan semoga dapat membentuk para orang tua yang menginginkan anak-anaknya berkreasi di rumah.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

Acara Reuni Kreatif

Inilah Susunan Acara Reuni Kreatif di Indonesia, Seru Abis

Reuni selalu menjadi momen kumpul-kumpul yang berkesan bagi setiap orang. Untuk menciptakan kesan dan keseruan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *