Dear Milenial, Ini Cara Kreatif dari Barang Bekas Bikin Kaya Raya

Salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh para generasi milenial adalah dengan menjual berbagai barang kreatif dari barang bekas. Selama ini barang bekas hanya dianggap sebagai barang tanpa nilai jual yang sudah sepantasnya dibuang.

Padahal, jika mau mengolah berbagai barang bekas disekitar kita, maka ini bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan loh! Dengan berbekal ketelatenan, ketekunan, skill, dan ide kreatif, berbagai benda dari barang bekas bisa dibuat dengan mudah dan dari bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Inspirasi Ide Kreatif dari Barang Bekas yang Bernilai Jual Tinggi

Berikut beberapa ide dan cara kreatif yang bisa menjadi referensi untuk mengolah barang bekas yang bernilai jual tinggi :

1. Dompet Mini Cantik dari Kardus Sabun

Kata siapa kardus bekas sabun mandi padat tidak bisa digunakan kembali? Justru dari kardus mini ini, bisa menghasilkan rupiah loh. Banyak ibu-ibu rumah tangga menggunakan dompet yang modelnya simple untuk digunakan belanja ke pasar atau sekedar menyimpan uang receh.  

Caranya gampang banget, kardus bekas sabun dibuka kemudian bagian tepinya digunting hingga kardus berbentuk persegi panjang. Bentuk pola elips pada salah satu sisi, bisa menggunakan tutup botol atau benda berbentuk lingkaran lainnya. Lapisi kardus yang sudah dipola tersebut menggunakan kain flanel (2 warna) dengan warna sesuai selera.

Rekatkan kain flanel dengan kardus sabun menggunakan lem tembak hingga benar-benar menyatu rapat. Tekuk kardus dan pastikan pola elips di salah satu sisi kardus menjadi tutup dari dompet. Tambahkan velco atau pita perekat agar dompet bisa tertutup rapat.

Kemudian, hias dompet sesuai karakter yang diinginkan. Bisa dihias menjadi karakter boneka panda dengan menggunakan mata yang terbuat dari plastic atau bisa juga dihias menggunakan bros bunga. Dompet ini bisa digunakan untuk menyimpan uang kertas dan uang logam dengan tempat yang tidak terlalu besar dan simple dibawa bepergian. 

2. CD Berbentuk Burung

Bingung banyak CD rusak menumpuk? Jangan risau, banyak solusi untuk menanganinya, salah satunya dengan mengolah CD bekas menjadi kerajinan tangan berbentuk burung. Produk olahan barang bekas ini bisa menghasilkan hiasan berbentuk burung yang cantik dan indah serta estetis.

Dengan menggambar pola sayap burung pada CD bekas, kemudian potong sesuai pola yang ada. Buat pola sayap burung ini sebanyak mungkin, kemudian warnai kepingan-kepingan CD yang berbentuk sayap tersebut dengan pilox sesuai dengan warna yang diinginkan. Susun kepingan CD hingga bentuknya menyerupai burung Cendrawasih. Produk ini bisa digunakan sebagai pajangan di ruang tamu atau ruang kerja.

3. Motif Gitar dari CD Bekas

Bukan hanya bisa diubah menjadi bentuk burung saja, piringan CD yang sudah tidak terpakai juga bisa diubah menjadi motif pada gitar. Mudah saja, bentuk pola dengan bentuk sesuai yang diinginkan, kemudian beri warna kepingan CD tersebut dengan warna yang eksotis atau menyala.

Tempelkan kepingan-kepingan CD tersebut pada gitar hingga bagian-bagian pada gitar tertutup dengan kepingan CD tersebut. Dalam menghias gitar bisa ditambah dengan hiasan lain sesuai dengan style yang pas. Dengan ditambah motif ini, gitar akan tampak lebih elegan dan estetis, serta menambah nilai jual gitar.

4. Tempat Perhiasan dari Botol Plastik Bekas

Masyarakat di sekitar kita banyak yang menganggap rendah botol bekas ya? Keberadaannya dianggap sebagai sampah yang harus dijauhkan dari rumah, tetapi di tangan orang kreatif botol bekas tersebut dapat diolah menjadi barang yang tampak mewah, unik, dan bernilai jual tinggi di pasaran.

Produk kerajinan ini dapat dibuat dengan menggunakan beberapa botol sprite ukuran 1 L yang sudah tidak terpakai. Bagian bawah dipotong sekitar 3-5 cm, kemudian lubangi tengah botol dengan solder. Rangkai antar bagian bawah botol tersebut hingga membentuk undak-undakan seperti air mancur. Sangat mudah bukan? Produk ini dapat dijual di pasaran dengan harga yang sesuai dengan banyaknya wadah yang disusun menjadi tempat perhiasan.

5. Lampu Hias dari Botol Bekas

Ingin punya lampu hias di rumah tapi takut membeli karena harganya mahal? Tidak masalah, ada solusi lain untuk menanganinya. Kumpulkan banyak barang bekas berupa botol plastik yang sudah tidak terpakai, kemudian potong bagian bawahnya.

Setelah itu, susun potongan tersebut hingga membentuk menyerupai bunga. Bagian tangkai tidak perlu dibuat, cukup letakkan susunan botol berbentuk bunga tersebut di atas vas bunga yang sudah tidak terpakai dan sudah dipasang dengan lampu. Selain itu jangan lupa untuk merangkai bagian kabel lampu hias. Setelah kabel selesai, maka lampu hias dari botol bekas siap dipakai atau bahkan bisa dijual dengan harga yang tinggi dan menguntungkan.

6. Desktop Catchall Organizer

Sering lupa menaruh barang-barang berharga dimana? Kumpulkan saja barang penting tersebut dalam satu wadah berbentuk kotak yang praktis dan mudah didapat atau dibuat.

Caranya membuat mudah sekali, yaitu bermodal utama kardus saja. Langkah pertama yaitu potong beberapa kardus bekas menjadi pola kotak. Ada pola kotak kecil untuk menyimpan berbagai macam kunci, pola kotak berukuran sedang untuk menyimpan beberapa barang seperti uang receh atau handphone, dan pola kotak besar untuk menyimpan barang-barang berukuran besar seperti dompet.

Tumpuk beberapa kardus yang sudah berpola kotak tersebut menggunakan lem fox atau bisa juga lem tembak hingga benar-benar saling menempel. Cat kardus dengan warna yang diinginkan, bisa ditambahkan dengan beberapa hiasan seperti menggunakan taburan gliter atau pasir pantai agar lebih estetis dan mampu memikat daya tarik orang. Produk Desktop Catchall Organizer bisa dijual di pasaran dengan harga yang cukup untuk menambah ketebalan isi dompet.

7. Miniatur dari Kardus Bekas

Selama ini berbagai miniatur dengan berbagai bentuk selalu dibuat dari media yang itu-itu saja seperti kayu. Namun, ternyata kardus bekas juga bisa diubah menjadi sebuah miniatur yang memiliki nilai jual tinggi. Produk dari bahan bekas ini cukup menguras waktu dan ide dalam membuatnya. Membutuhkan ketelitian yang tinggi dalam membuat miniatur dari kardus ini.

Ada dua kardus tipis yang dibutuhkan. Pertama kardus berbentuk persegi yang kemudian dibentuk menjadi tabung tanpa tutup. Kardus kedua digunakan untuk membentuk miniatur yang diinginkan. Ambil contoh saja membuat miniatur berkarakter kebun binatang.

Bentuk karakter yang perlu dibuat dan digambar pada kardus yaitu hewan dan pepohonan atau bisa juga ditambah dengan karakter orang yang sedang berkunjung ke kebun binatang. Digambar dengan ukuran yang kecil, kemudian disusun di dalam kardus pertama yang berbentuk tabung tanpa tutup.

Produk miniatur dari kardus bekas ini bernilai estetis yang tinggi dan bernilai jual tinggi. Bisa digunakan untuk kado pernikahan, kado wisuda, atau untuk hiasan di ruang tamu, kamar, atau bahkan meja kerja untuk menambah suasana yang nyaman.

Nah, itu dia beberapa ide kreatif dari barang bekas. Barang bekas yang tadinya tidak terpakai bisa diubah menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Selain mengurangi sampah, ide kreatif ini juga bisa dijadikan usaha atau bisnis yang siap mendatangkan rupiah yang melimpah.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

Hiasan Dinding Kelas Kreatif

Cara Cepat Membuat Hiasan Dinding Kelas Kreatif Murah Meriah

Ruang kelas menjadi salah satu tempat yang paling banyak digunakan siswa untuk belajar. Pasalnya, hampir …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *