Strategi dan Cara Menciptakan Ide Mind Map Kreatif

Untuk hasil belajar yang lebih efektif dan mudah, pelajar seringkali membuat sebuah mind map untuk membantu mereka dalam memetakan hal yang sedang dipelajari. Semakin kreatif mind map yang dibuat maka akan lebih baik. Cara yang dibutuhkan untuk membuat mind map kreatif juga tidak sulit, hanya memerlukan beberapa strategi kunci untuk membuatnya.

Strategi Rahasia Membuat Mind Map Kreatif untuk Belajar

Berikut beberapa cara menciptakan catatan yang menarik dalam bentuk mind map yang kreatif :

1. Menentukan Topik Utama sebagai Tema

Penentuan topik utama dapat diambil dari kegiatan sehari-hari. Sebagai pekerja kantoran, mind map bisa dibuat untuk presentasi dan topik utama yang akan dibahas sesuai dengan apa yang akan dibahas dengan rekan kerja. Sementara bagi para pelajar, penentuan topik utama sudah cukup jelas, yaitu materi yang sedang dipelajari.

Ambil contoh saja seperti ketika seorang siswa belajar mengenai pelajaran Fisika pada materi “Besaran”, maka topik utamanya adalah Besaran Fisika. Lalu, bagaimana cara membuatnya menjadi tampak penuh kreatif? Mudah saja, yaitu dengan menuliskan topik utama sebagai header yang diletakkan di tengah-tengah kertas menggunakan pulpen warna/gel pen glitter/pastel pen. Bisa juga ditambah dengan efek shadow menggunakan pulpen dengan warna yang berbeda.

2. Menentukan Sub Topik sebagai Ranting

Setelah membuat topik utama, berikutnya adalah menuliskan sub topik sebagai rantingnya. Membuat ranting bisa dikreasikan sendiri sesuai dengan keinginan. Bisa menggunakan tanda panah, garis berulir, atau bisa juga dengan membuat gambar ranting seperti pada pohon. Jadi, sesuaikan saja bentuk ranting ini dengan tema mind map yang ingin dibuat. Dengan catatan, dalam membuat ranting ini tetap menggunakan pulpen warna atau spidol warna, sehingga terlihat lebih menarik.

Misalnya, sub topik pada mind map fisika yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Supaya lebih menarik, sub topik-topik yang ditulis juga bisa diberi hiasan bentuk-bentuk sesuai dengan keinginan. Misalnya, diberi gambar pigura untuk membingkai tulisan sub topik tersebut. Jangan lupa tambahan warna dan efek shadow pada pigura tersebut.

3. Meringkas Materi dari Sub Topik

Fungsi dari membuat mind map sebenarnya adalah untuk meringkas materi yang panjang dan sulit dipahami menjadi lebih jelas. Sedapat mungkin usahakan untuk meringkas materi sehingga  jumlah katanya tidak lebih dari sepuluh, agar inti dari sub topik tersebut bisa lebih mudah untuk diingat.

Untuk menambah kreativitas tanpa menghilangkan tujuan utama pembuatan mind map adalah menulis ringkasan materi tersebut menggunakan pulpen warna dominan warna biru. Apa tujuannya? Mitosnya, warna biru bisa menambah daya ingat dalam memori kita. Jadi, selain tujuan belajar kita tercapai, nilai estetis tetap akan terjaga.

4. Menambahkan Beberapa Gambar

Selain dengan tulisan yang berwarna-warni, dalam pembuatan mind map bisa dikreasikan dengan beberapa gambar, simbol, atau kode yang bisa menghidupkan mind map. Bisa dengan menggambar kumpulan orang, pemandangan kota, atau benda yang kira-kira bisa menghidupkan tema mind map kreatif yang diambil.  Dengan penambahan gambar, daya kreativitas juga akan terasah. Mengembangkan kreasi dengan gambar yang memiliki hubungan dengan isi materi. Menarik sekali untuk dicoba!

5. Menghubungkan Cabang-cabang ke Gambar Pusat (Header)

Ciri dari mind map yaitu ada hubungan antar bagian-bagian menggunakan garis lengkung ke gambar pusat. Gambar pusat yang dimaksud itu tulisan topik utama yang diambil. Membuat garis untuk menghubungkan cabang-cabang ke gambar pusat menggunakan pulpen warna/gel pen glitter/pastel pen atau bisa juga menggunakan yang lain sesuai keinginan. Dalam menghubungkan cabang-cabang ke gambar pusat ini harus jeli. Pastikan semua materi yang akan disambungkan jelas ada kaitan atau hubungannya dengan materi.

6. Menggunakan Variasi Huruf Besar Maupun Huruf Kecil

Mengapa ada variasi huruf di dalam mind mapping ini? Fungsinya, untuk menambah variasi dalam penyajian. Jadi, dalam belajar tidak harus monoton ya. Sesuaikan dengan keinginan dalam menyajikan materi dalam mind map agar tujuan efektif dalam belajar kita tercapai. Pasti akan semakin menyenangkan saat ada variasi dalam penyajian huruf dalam mind map.

Agar lebih menarik, dalam penulisan topik utama atau judul bisa ditulis dengan model seperti gaya penulisan pada lettering. Apalagi, ketika dalam penulisan judul tersebut menggunakan pulpen warna atau pastel pen, wah bakal semakin keren mind map tersebut. Tidak hanya enak dipandang karena terdapat daya tarik tersendiri, tetapi juga tentu menambah semangat dan keingintahuan kita dalam mempelajari materi yang disajikan.

Jangan lupa juga, dalam menuliskan judul atau topik utama, judul tiap sub topik harus diperhatikan besar atau kecilnya ya. Jangan sampai, judul topik utama atau judul sub topik tidak dapat dilihat jika jarak pandang tidak dekat. Mengkombinasikan warna dalam penulisan judul juga bisa dilakukan agar mind map tetap menarik.

7. Menggunakan Satu Kata Kunci Untuk Setiap Garis

Apa sih tujuan dari menuliskan satu kata kunci untuk setiap garis? Kata kunci tunggal dalam mind map akan memberi lebih banyak daya dan kemampuan pengembangan pikiran bagi pembaca. Adanya kata kunci akan membuat kita lebih mudah memahami materi yang disajikan, karena dari satu kata kunci tersebut kita bisa bebas menafsirkannya. Dengan begitu, maka kita memiliki kebebasan dalam berpikir dan hal tersebut memicu munculnya ide dan pemikiran baru untuk muncul.

Satu yang perlu diperhatikan, yaitu dalam menafsirkan satu kata kunci tersebut harus tetap dalam jangkauan materi. Untuk lebih keren dan asyiknya lagi, dalam menuliskan setiap kata kunci pada materi dengan warna yang berbeda, supaya mind map yang dibuat tidak terkesan berwarna itu-itu saja. Kita juga akan lebih mudah dalam mengingat kata kunci tersebut karena telah disesuaikan dengan warna masing-masing yang berbeda.

Cara dan strategi di atas merupakan contoh apabila dalam membuat mind map menggunakan media berupa kertas. Saat ini, sudah banyak teknologi digital yang bisa dimanfaatkan untuk membuat mind map. Dengan menggunakan metode digital, pilihannya tentu akan lebih banyak dan dalam penyelesaiannya akan lebih mudah.

Mulai dari pilihan warna yang lebih banyak, efek shadow tulisan yang bisa diatur sesuai keinginan, gambar yang lebih rapi, gaya tulisan yang lebih bervariasi, macam-macam bentuk frame yang bervariasi, besar kecilnya suatu tulisan bisa kita atur dengan jauh lebih mudah, hingga bisa diprediksi bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan mind map tersebut akan lebih cepat karena hampir semua fasilitas yang dibutuhkan sudah terpenuhi di dalam aplikasi yang digunakan.

Hanya saja, dalam membuat mind map kreatif dengan metode digital ini harus mempunyai kemahiran berupa ketelitian dan kesabaran dalam mengoperasikan aplikasi. Baik menggunakan media kertas ataupun media digital, fungsi mind map tetaplah sama. Jadi, kita bebas memilih salah satunya sesuai dengan keinginan masing-masing. Selamat berkreasi dalam menyajikan materi agar lebih mudah dipahami ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

Acara Reuni Kreatif

Inilah Susunan Acara Reuni Kreatif di Indonesia, Seru Abis

Reuni selalu menjadi momen kumpul-kumpul yang berkesan bagi setiap orang. Untuk menciptakan kesan dan keseruan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *