Desain Taman Kelas Kreatif yang Membuat Anda Betah Sekolah

Bosan dengan suasana kelas atau sekolah yang seperti itu-itu aja? Agar semakin betah dengan suasana kelas, sebaiknya coba buatlah taman kelas kreatif di lingkungan sekolah. Tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak, karena bisa hanya dengan bermodalkan barang bekas yang ada di sekitar saja.

Dengan membuat kreasi taman yang indah, pasti bisa membuat semua siswa semakin nyaman dan betah berlama-lama di sekolah. Lalu, bagaimana cara membuat taman kelas yang unik dan kreatif dari barang bekas?

Cara Membuat Hiasan Taman Kreatif dari Bahan Bekas

Berikut beberapa kreativitas yang bisa diterapkan untuk memperindah taman kelas:

1. Membuat Kesan Warna warni Indah dengan Botol Kaca Bekas

Biasanya, ada banyak botol kaca bekas yang sudah tak terpakai di rumah. Sebaiknya, jangan buru-buru dibuang ya. Botol kaca bekas yang sudah tidak terpakai ini dapat disulap menjadi pernak-pernik berwarna warni yang siap menghiasi taman kelas. Bagaimana cara membuatnya?

Caranya gampang banget. Cukup dengan mengecat botol kaca bekas menggunakan cat yang berwarna-warni. Lalu, isi botol tersebut dengan pasir hingga penuh. Nah, kreasi ya ini bisa dijadikan sebagai tatakan pot atau sekedar sebagai hiasan taman saja. Walaupun menggunakan barang bekas, tapi dijamin kreasi ini bisa membuat halaman kelas lebih terlihat meriah dan sangat unik.

2. Makin Nyaman dengan Bangku Jamur

Salah satu efek dari renovasi sekolah yaitu menumpuknya kayu bekas bangunan yang tidak lagi terpakai. Rasanya akan sayang sekali jika dibuang begitu saja. Kayu bekas bangunan yang terbengkalai ini, ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis kerajinan, misalnya membuat bangku berbentuk jamur.

Tentunya, halaman kelas akan tampak begitu ceria jika dilengkapi dengan kursi unik berbentuk jamur merah. Para siswa juga pasti akan semakin nyaman dan betah berkegiatan di sekolah. Bahan yang diperlukan juga sangat sederhana, yaitu cukup siapkan cat warna merah dan putih.

Jangan lupa siapkan juga kayu bekas yang sudah tidak terpakai. Bentuk kayu tersebut menjadi berbentuk bulatan, kemudian cat dengan menggunakan cat warna merah. Setelah itu, beri sedikit titik-titik putih di bagian atasnya agar semakin mirip dengan jamur aslinya. Jika cat sudah kering, kursi jamur yang menggemaskan ini bisa langsung diletakkan di taman sekolah.

3. Ban Bekas Menjadi Meja Serbaguna

Untuk membuat halaman kelas menjadi lebih indah, ternyata tidak butuh biaya yang banyak. Bahkan, bisa menggunakan barang-barang bekas yang tidak pernah terduga sebelumnya, seperti ban bekas mobil atau motor. Ya, ban bekas mobil atau motor tersebut ternyata dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang bermanfaat dan menarik.

Nah, salah satunya yaitu membuat kreasi ban bekas menjadi meja taman. Bahan yang diperlukan juga tidak banyak, cukup dengan menyiapkan beberapa ban bekas, cat, dan juga triplek. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Pertama, cat seluruh permukaan ban bekas menggunakan cat warna warni yang cerah. Lalu, satukan dua ban menjadi satu menggunakan lem agar melekat menjadi satu. Setelah itu, tambahkan bagian atasnya dengan triplek yang sudah dipotong sesuai ukuran ban. Agar  tampak lebih menarik, Kamu juga bisa menambahkannya dengan taplak meja. Meja dari ban bekas yang unik dan cantik ini pun siap menghiasi taman kelas.

4. Sulap Ban Bekas Menjadi Kolam Ikan

Selain bisa dibuat menjadi meja serbaguna, ban bekas motor atau mobil juga bisa dibuat menjadi kolam. Lingkungan sekolah tentu akan tampak lebih asri dengan sentuhan kolam di dalamnya. Tidak perlu membuat kolam dengan ukuran yang besar, cukup buat kolam dengan ukuran kecil saja menggunakan ban bekas yang sudah tidak terpakai.

Caranya juga sangat mudah. Langkah pertama yaitu menggali lubang tanah terlebih dahulu. Namun, tidak perlu terlalu dalam, cukup sesuaikan dengan ukuran ban bekas yang akan digunakan. Kemudian, lapisi tanah menggunakan plastik bening, setelah itu isi dengan air sampai penuh.

Langkah selanjutnya, timbun dengan tanah, lalu hias menggunakan bebatuan. Agar terlihat semakin indah, bisa juga menambahkan pancuran di bagian tengah kolam. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman bunga di sekitarnya, sehingga kolam ini akan membuat lingkungan sekolah semakin asri.

5. Pot Bunga dari Sepatu

Sepatu bekas di rumah sudah tidak terpakai dan menumpuk? Jangan abaikan begitu saja, apalagi berpikiran untuk membuangnya. Sepatu bekas yang menumpuk di rumah, ternyata bisa dimanfaatkan menjadi pot bunga loh. Lingkungan kelas bisa tampak meriah dan unik dengan berbagai macam bentuk sepatu yang digunakan sebagai pot bunga. Akan lebih menarik lagi jika sepatu yang digunakan sebagai pot memiliki warna-warni yang cerah. Pasti kreasi pot sepatu ini akan semakin unik sekali.

Untuk membuatnya juga cukup mudah. Pertama, kumpulkan sepatu-sepatu bekas yang sudah tidak terpakai. Masukan tanah kompos ke dalam sepatu-sepatu tersebut. Setelah itu, tanam berbagai jenis bunga cantik di dalam pot sepatu tersebut. Agar lebih menarik, pot bunga dari sepatu ini bisa digantung di bagian dinding kelas. Wah, pasti akan sangat menarik bukan?

6. Pot Bunga dari Botol Plastik

Botol plastik bekas atau yang sudah tidak terpakai merupakan salah satu jenis barang yang sangat mudah dijumpai. Biasanya, botol bekas jenis satu ini merupakan botol bekas air minum kemasan. Tapi, daripada dibuang begitu saja, lebih baik dimanfaatkan menjadi kreasi pot bunga yang dapat menghiasi teman kelas.

Cukup siapkan botol plastik yang sudah tidak terpakai, lalu lubangi salah satu sisi botol. Selanjutnya, masukan tanah untuk dijadikan media tanam. Tanam berbagai macam bunga maupun tumbuhan yang kecil-kecil. Pot bunga dari botol ini bisa diletakkan di taman atau digantung pada dinding-dinding kelas.

7. Memanfaatkan Limbah Kaleng Bekas

Satu lagi barang bekas yang bisa dijadikan pot untuk tanaman adalah kaleng bekas. Sehabis libur lebaran, biasanya banyak sekali kaleng bekas biskuit yang menumpuk dan menyesaki rumah. Sebaiknya, jangan buru-buru dibuang ya. Kaleng bekas ini bisa digunakan menjadi pot tanaman hijau. Selain ekonomis, hal ini juga sangat berguna karena bisa mengurangi sampah.

8. Manfaatkan Jari-jari Sepeda Bekas

Jari-jari sepeda yang sudah tidak terpakai ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai media tanam. Wah, kira-kira bagaimana cara membuatnya? Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan melilitkan berbagai jenis tanaman yang merambat pada jari-jari roda sepeda yang sudah tidak terpakai, maka taman kelas pun akan tampak bergaya vintage.

9. Tempat Bermain Pasir Buatan

Bermain di area pasir sangatlah aman bagi anak-anak. Selain itu, dengan adanya tempat bermain pasir buatan juga dapat menambah indah pemandangan taman kelas. Bahan yang digunakan juga cukup mudah didapatkan dan murah tentunya.

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, siapkan ban bekas, kemudian di bagian tengahnya diisi pasir hingga penuh. Jadi, tak perlu jauh-jauh ke pantai untuk bisa melihat hamparan pasir. Karena sekarang cukup dengan bermain pasir buatan di taman kelas kreasi saja.

Nah, itulah beberapa contoh taman kelas kreatif yang akan membuat taman di sekolah semakin unik dan nyaman untuk bermain anak-anak. Tentu saja, 9 contoh di atas sangat wajib dicoba agar taman kelas tidak membosankan. Dengan membuat taman kelas yang penuh kreasi, maka anak-anak pun akan semakin bersemangat untuk sekolah dan selalu ceria.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Kreasiblog.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Check Also

Acara Reuni Kreatif

Inilah Susunan Acara Reuni Kreatif di Indonesia, Seru Abis

Reuni selalu menjadi momen kumpul-kumpul yang berkesan bagi setiap orang. Untuk menciptakan kesan dan keseruan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *